Home / Berita Utama / Rektor bersemangat mengikuti prosesi Penganugerahan gelar adat melayu dari LAM Riau kepada Presiden RI ke- 7
joko rektor

Rektor bersemangat mengikuti prosesi Penganugerahan gelar adat melayu dari LAM Riau kepada Presiden RI ke- 7

uin-suska.ac.id           Pagi itu hari sabtu tanggal 15 Desember 2018, Prof Dr KH Ahmad Mujahidin S.Ag., M.Ag selaku Rektor UIN SUSKA Riau berkendaraan menuju gedung LAM (Lembaga Adat Melayu Riau).  Bersama istri tercintanya, Rektor bergegas menuju gedung LAM yang ada di jalan Diponegoro Pekanbaru. Kegiatan penting akan dilaksanakan di gedung LAM, yakni penganugerahan gelar adat kepada Presiden RI. Ir H Jokowidodo.

Presiden Jokowi tiba di lokasi pukul 09.15 WIB. Kedatangan Presiden ke-7 itu tidak sendirian, Beliau didampingi oleh Ibu Negara Iriana . Keduanya  mengenakan baju adat Riau. Hadir juga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan.

Ir H Jokowi merupakan  orang nomor satu  di negara ini.  Presiden Republik Indonesia merupakan  pemegang kekuasaan pemerintahan tertinggi di Indonesia, selain juga sebagai kepala negara.  Setelah orang-orang penting menerima gelar adat dari LAM, akhirnya Presiden RI ke- 7 Ir H Jokowidodo  secara sah menyandang gelar adat melayu dari LAM Riau sebagai Datuk Seri Setia Amanah Negara.

Dalam kata sambutan Ir Jokowidodo menyampaikan : “Saat pertama membaca arti dari gelar adat ini, saya teringat pada saat saya dilantik sebagai Presiden. Bagian dari sumpah seorang Presiden Republik Indonesia adalah berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Jokowi dalam sambutannya. Selanjutnya  Jokowi mengatakan, setiap Presiden Republik Indonesia diberi amanah untuk menjaga Indonesia, untuk memenuhi cita-cita kemerdekaan Indonesia yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar 1945″.

Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat adat Riau atas gelar adat yang diberikan kepadanya melalui Lembaga Adat Melayu Riau. Hal itu disampaikan Presiden saat menghadiri acara Pagelaran Budaya Masyarakat Riau di Gelanggang Remaja, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, pada Sabtu, 15 Desember 2018.

Gelar adat Datuk Seri Setia Amanah Negara diberikan kepada Presiden dengan mempertimbangkan sejumlah kebijakan Presiden yang memberikan manfaat positif kepada masyarakat adat Riau. Salah satunya ialah soal penanggulangan asap kebakaran hutan dan lahan yang dalam 3 tahun belakangan disebut telah teratasi. Terkait hal tersebut, Presiden Joko Widodo menceritakan awal mula dari upayanya mengatasi kabut asap yang sering dikeluhkan. Hal itu bermula dari kunjungan pertamanya ke Provinsi Riau pada tahun 2015 lalu.

Sebagai tamu undangan, Rektor UIN SUSKA Riau mendengarkan dengan seksama pidato presiden, mengikuti semua acara Presiden di Pekanbaru. Terutama sekali penganugerahan gelar adat dari LAM. Orang yang diberikan gelar adat kali ini berbeda, yang menerima  gelar adat ini adalah Presiden RI, orang yang akan didengar dan diikuti petuahnya. Presiden Republik  Indonesia merupakan  pemegang kekuasaan pemerintahan tertinggi di Indonesia.

Teringat pada  ucapan dan ketegasan Rektor tentang pentingnya loyalitas dalam bekerja. Monolyalitas begitu tegas Rektor dalam beberapa kesempatan. Tanpa loyalitas, sebuah organisasi tidak ada apa-apanya. Pada pagi ini Rektor untuk yang kedua kalinya memberikan contoh monoloyalitas kepada pimpinan. Meskipun menghadiri acara penganugerahan gelar adat itu sangat ramai, dan mungkin sebagai rektor Beliau tidak mendapatkan tempat duduk yang sebagaimana biasanya, namun loyalitas harus tetap di jaga.  Semoga loyalitas yang dicontohkan Rektor dapat menjadi suri tauladan dalam membina kekompakan dan rantai komando di UIN SUSKA Riau.

 

jokowi 2

jokowi 3

jokowi 4

jokowi

WhatsApp Image 2018-12-15 at 08.55.17

WhatsApp Image 2018-12-15 at 09.13.15

WhatsApp Image 2018-12-15 at 09.16.18

WhatsApp Image 2018-12-15 at 09.16.21

WhatsApp Image 2018-12-15 at 10.15.35

WhatsApp Image 2018-12-15 at 10.15.36

WhatsApp Image 2018-12-15 at 11.45.38

About khaidir alimin

Check Also

IMG_7690

Lagi, Prodi di UIN Suska Riau Raih Akreditasi “A”

Prodi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Raih Akreditasi Unggul “A” uin-suska.ac.id     Setelah melalui proses …