Home / Berita Utama / Kunjungan Kerja Anggota V BPK RI ke UIN Suska Riau, Jalin Silaturrahmi dan Tinjau Pembangunan Gedung Dosen
Rektor UIN Suska Riau Menunjukkan Lokasi Kampus dari Lantai IV gedung Rektorat kepada Anggota V BPK RI
Rektor UIN Suska Riau Menunjukkan Lokasi Kampus dari Lantai IV gedung Rektorat kepada Anggota V BPK RI

Kunjungan Kerja Anggota V BPK RI ke UIN Suska Riau, Jalin Silaturrahmi dan Tinjau Pembangunan Gedung Dosen

uin-suska.ac.id     Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau mendapat perhatian dari Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), Ir. Isma Yatun, MT di awal tahun ini. Senin (21/1), Ia dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke kampus Islami Madani ini dengan tujuan bersilaturrahmi dan melihat secara langsung kondisi perkuliahan, keberadaan dosen dan mahasiswa serta sarana dan prasarana yang ada.

Sebagai salah satu tempat untuk menghasilkan generasi penerus bangsa, yang memiliki nilai lebih di bidang moral dan akhlak, Ia berharap banyak agar di bawah kepemimpinan rektor yang baru, UIN Suska Riau dapat berkembang semakin baik terutama dalam pengelolaan tata keuangan. “Saya berharap kampus dengan banyak kelebihan seperti UIN Suska ini juga memilik pengelolaan tata keuangan yang baik. Kalau akuntabilitas keuangannya baik maka semua program yang dikerjakan dapat berjalan baik”, ujar sarjana Teknik Kimia dari Universitas Sri Wijaya ini.

IMG_0996

Dalam kegiatan ini juga berkesempatan hadir Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI, Dr. Bambang Pamungkas, MBA., CA., Ak, Sekjen Kementerian Agama RI yang diwakili oleh Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia, Dr. H. Ali Rohmad, M. Pd, Anggota Komisi XI DPR RI, Jon Erizal, SE, MBA, Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Masyarakat, Ahmad Syah Harrofie, SH, dan PLT Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Drs, Mahyudin, MA.

IMG_0989

Dalam sambutannya Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Akhmad Mujahidin, S. Ag, M. Ag, menjelaskan secara umum profil UIN Suska Riau. “Salah satu kendala yang kami hadapi saat ini adalah rasio dosen yang sangat kurang dibandingkan dengan jumlah mahasiswa yang ada. Pemenuhannya dibantu dengan adanya dosen kontrak dan dosen luar biasa, alhamdulillah semuanya sudah memiliki NUP (Nomor Urut Pendidik)”, ujarnya. UIN Suska adalah PTKIN yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak se-Indonesia yakni sebesar 32.000 mahasiswa aktif.

Rektor memberikan sambutan dalam acara Kunjungan Kerja Anggota V BPK RI
Rektor memberikan sambutan dalam acara Kunjungan Kerja Anggota V BPK RI

Sementara itu Kepala Biro Perencanaan Sekjen Kemenag RI, Dr. H. Ali Rohmad, M. Pd menyatakan rasa terimakasihnya kepada BPK RI, karena sekitar tahun 2010, atas usul dari BPK lah bisa terwujud beberapa proyek pembangunan di Kementerian Agama dengan menggunakan dana yang berasal dari Sukuk atau SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). Termasuk pembangunan dua Gedung di kampus UIN Suska Riau yakni Gedung Learning Centre di tahun 2017 dan Gedung Dosen di tahun 2018. “Kampus ini adalah kampus besar, harus menjadi pusat kajian kegamaan, dari sinilah akan hadir generasi islam yang moderat”, ujarnya.

IMG_1002
Kepala Biro Perencanaan, Dr. H. Ali Rohmad, M. Pd Memberikan Sambutan

Gayung bersambut datang dari Anggota Komisi XI DPR RI, Jon Erizal, SE, MBA. Sebagai anak jati Melayu, ia merasa bangga kampung halamannya memiliki kampus yang cukup besar dan bisa mendapatkan proyek pembangunan Gedung dari dana SBSN.  “Komisi XI DPR RI adalah komisi yang membidangi Keuangan dan Perbankan. Akhir dari Sukuk itu persetujuannya ada di Komisi XI, karena itu uang yang diperoleh untuk pembangunan ini hendaknya betul-betul digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi ummat,” ujar pria kelahiran Bengkalis ini.

Anggota Komisi XI DPR RI, Jon Erizal, SE, MBA memberikan kata sambutan
Anggota Komisi XI DPR RI, Jon Erizal, SE, MBA memberikan kata sambutan

Di akhir kunjungan, Anggota V BPK RI, Ir. Isma Yatun, MT dan Rombongan berkesempatan mengunjungi pembangunan Gedung Dosen yang sempat terkendala di tahap awal pembangunannya karena alasan teknis, namun sudah dapat diselesaikan dengan baik dan penuh kehati-hatian. Direncanakan gedung ini sudah dapat dimanfaatkan tidak lama lagi.

Anggota V BPK RI , Rektor dan Rombongan Meninjau Pembangunan Gedung Dosen
Anggota V BPK RI , Rektor dan Rombongan Meninjau Pembangunan Gedung Dosen

IMG_1078IMG_1074

About aini khalidah

Check Also

Aspirasi mahasiswa yang menuntut revisi  Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Maklumat Rektor tentang revisi UKT di UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id         Rekror UIN Suska Riau Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S.Ag., M.Ag.  …