Home / Berita Utama / Kunjungan kerja Duta Besar Somalia ke UIN SUSKA RIAU
IMG_1155

Kunjungan kerja Duta Besar Somalia ke UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id            Somalia (Somali: Soomaaliya; Arab: الصومال, translit. aṣ-Ṣūmāl‎), dahulu bernama Republik Demokratik Somali, adalah sebuah negara yang terletak di Tanduk Afrika. Negara ini berbatasan dengan Djibouti di barat laut, Kenya di barat daya, Teluk Aden dan Yaman di utara, Samudra Hindia di sebelah timur, dan Ethiopia di sebelah barat. Teluk Aden memisahkan Somalia dari semenanjung Arab, dan Samudra Hindia berbatasan dengan wilayah timur dan selatannya.

Ada sekitar 8 juta warga Somalia. Orang-orang Somalia dipersatukan oleh bahasa, budaya, dan Islam. Mereka terbagi men jadi sejumlah suku. Permusuhan antar suku selalu menjadi sumber konflik negara. Hal itu mengakibatkan perang saudara selama tujuh tahun (1991-1998). Perang saudara telah meluluhlantakkan Somalia. Negara yang ada di Afrika Timur, tepatnya tanduk Afrika ini, juga sempat didera kelaparan serta kemiskinan. Namun, negara yang dulu bernama Republik Demokratik Somalia bertekad bangkit. Salah satunya dengan menggalakkan pendidikan. UNICEF, sebagai salah satu pemrakarsa pendidikan di Somalia menegaskan , masa depan Somalia akan ditentukan oleh pendidikan yang bermutu

Pada hari selasa 22 Januari 2019 duta besar somalia datang  ke UIN SUSKA RIAU untuk membuka peluang menjadikan UIN SUSKA RIAU menjadi salah satu tujuan pemuda dan pemudi Somalia untuk menimba ilmu pengetahuan. Jurusan yang diminati yakni yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Perternakan dan Pertanian, Fekonsos dan Fakultas Tarbiyah dan keguruan.

Menurut Duta Besar Somalia (Ibnus Salam) UIN  yang ada di Indonesia menjadi tempat menimba ilmu yang sangat tepat. Kondisi politik timur tengah yang tidak kondusif saat ini menjadi alasan utama untuk berpindah menuju Malaysia, dan Indonesia. Untuk alasan itu, Duta Besar Somalia menyampaikan keinginan negaranya untuk  memasukan pemuda dan pemudi Somalia  kuliah di UIN SUSKA RIAU dengan jurusan dan Fakultas non agama.

Kunjungan duta Besar Somalia disambut oleh WR III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama  (Drs. H. Promadi, MA., Ph.D.,) menyambut kedatangan Duta Besar Somalia di ruang rektor, didampingi oleh humas dan kabag akademik. Kabag akademik dipanggil khusus oleh WR III untuk menjelaskan langsung mekanisme penerimaan mahasiswa dari negara lain. Pada Kesempatan itu Duta Besar Somalia juga menjelaskan pentingnya belajar bahasa Indonesia minimal 3 bulan sebelum kuliah dimulai, sehingga komunikasi antar dosen dan mahasiswa, maupun sesama mahasiswa dapat berjalan lancar. Beliau juga berharap ada bantuan pendidikan dari Kemenag untuk mahasiswa Somalaia yang kuliah di berbagai UIN di Indonesia.

Setelah berbincang dengan Wr III dan Kabag Akademik, Duta Besar Somalia berkeliling di seputar kampus UIN SUSKA RIAU ditemani Humas UIN SUSKA RIAU.  Selanjutnya berkeliling kota Pekanbaru, dan menjelang asyar diantar ke Hotel tempat beliau menginap.

Sesama negara muslim, kita (UIN SUSKA RIAU) bersaudara dengan negara Somalia. Membantu sesama menjadi salah satu ukuran keimanan kita. Berlomba lomba untuk berbuat kebaikan juga menjadi salah satu motivasi dari ajaran Islam.

 

IMG_1150

WhatsApp Image 2019-01-22 at 10.10.58

WhatsApp Image 2019-01-22 at 10.05.08

IMG_1168

IMG_1166

IMG_1163

 

 

 

 

 

About khaidir alimin

Check Also

IMG_2157

Asesor BAN_PT melakukan visitasi ke Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id              Akreditasi menjadi sebuah keharusan pada lembaga pendidikan. Akreditasi …