Home / Berita Utama / Rektor berusaha untuk mewujudkan manajemen transfaransi anggaran
WhatsApp Image 2019-02-12 at 16.16.28

Rektor berusaha untuk mewujudkan manajemen transfaransi anggaran

uin-suska.ac.id          Selasa tanggal 12 Februari 2019, bertempat di ruang rapat pimpinan gedung Rektorat lantai empat, berlangsung rapat yang dipimpin oleh Rektor UIN SUSKA Riau. Hadir pada saat itu :

  1. Ketua Dewan kehormatan    Prof Dr ALaidin Koto
  2. Ketua senat Prof Dr Sudirman M. Johan MA
  3. Sekretaris senat Drs. H. Suhaimi M.Ag
  4. Dekan-dekan dari 8 Fakultas
  5. Direktur Pasca Sarjana   Prof Dr Afrizal MA
  6. Kabiro AUPK dan Kabiro AAK
  7. Kabag perencanaan, kabag umum
  8. Beberapa kasubbag

Dalam arahannya, Prof Dr KH Ahmad Mujahidin S.Ag., M.Ag mengajak untuk melakukan transparansi anggaran. Beliau telah memulai dengan membagikan POK kepada  8 unsur yang telah dikemukakan. Tujuannnya agar POK itu tidak dimonopoli oleh segelintir orang. Tegas beliau “POK itu gambaran kegiatan yang akan dibiayai negara, jadi semua harus tahu, jangan disembunyi-sembunyikan. POK itu telah saya bagikan beberapa minggu yang lalu”. Suasana rapat dapat dilihat pada cuplikan video berikut ini :

https://youtu.be/jBjNPxX0-b0

Pada kesempatan itu, Rektor memotivasi semua satker untuk dapat menggunakan anggaran yang telah di “rakerkan dan telah masuk POK” dibelanjakan sesuai dengan peruntukan. Bukan hanya sesua dengan peruntukan tapi lebih dari itu dilaksanakan  kegiatan-kegiatan  yang telah direncanakan itu secepatnya. Jangan ditunggu akhir tahun, tegas Rektor.  Dalam rapat itu kabiro AAK (Drs H Eramli Jantan Abdullah, MM) secara bergurau mengatakan bahwa satker yang dapat menyerap anggaran 95% akan diberi hadiah.

Selanjutnya Rektor  menjelaskan bahwa, ada sekelompok orang yang dimintakan pendapat dan arahan dalam membuat kebijakan strategis, terutama dalam hal keuangan. Kelompok orang itu yakni :

  1. Ketua senat dan sekretaris senat.
  2. Dewan kehormatan
  3. Jajaran Rektor, mulai dari WR sampai ke Dekan dan Direktur pasca sarjana

Untuk dewan kehormatan yang diketua oleh Prof Dr ALaidin Koto disediakan ruangan dilantai 4 yang dekat dengan ruang rektor.  Rektor melalui Kabiro AUPK memerintahkan Subbag Humas, Dokumentasi dan Publikasi untuk pindah ke lantai 2, agar ruangan humas dapat digunakan untuk Dewan Kehormatan. Tujuan pemindahan itu agar Rektor dan Dewan Kehormatan lebih dekat dan mudah dimintakan pertimbahangan dari dewan kehormatan tersebut.  Ketua senat dan sekretaris senat juga dekat dengan ruang Rektor, sama-sama di lantai 4 gedung Rektorat.  Menurut penjelasannya dalam rapat itu, dengan adanya ruangan Dewan kehormatan dan Ketua senat yang berkantor dekat dengan ruang Rektor, maka semua kebijakan strategis terutama dalam bidang keuangan telah dipertimbangkan dengan masak. Dan dapat diterima dengan sebaik-baiknya. Ketua Senat dan Dewan Kehormatan ibarat tameng, agar kamus madani ini dapat dijalankan dana sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

WhatsApp Image 2019-02-12 at 16.16.28

WhatsApp Image 2019-02-12 at 16.16.39

WhatsApp Image 2019-02-12 at 16.16.50

About khaidir alimin

Check Also

WhatsApp Image 2019-03-20 at 12.34.19

UKM Basketball UIN Suska Riau Juarai Dekan Law Basketball Cup IV Universitas Islam Riau

uin-suska.ac.id  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau kembali menorehkan prestasi gemilang di …