Home / Berita Utama / Unit Pengumpul Zakat UIN Suska Riau: Perpanjangan Tangan Baznas di Universitas
Baznas-3-394x330

Unit Pengumpul Zakat UIN Suska Riau: Perpanjangan Tangan Baznas di Universitas

uin-suska.ac.id    Potensi zakat yang bisa dihimpun dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Riau ternyata cukup besar. Dari Sekitar 13 ribu orang  ASN di provinsi Riau Jika pengumpulan zakatnya dapat dioptimalkan maka berpotensi  mencapai Rp2 Miliar per bulan atau sekitar Rp24 Miliar per tahun. Namun yang di dapat saat ini jauh dari apa yang diharapkan, hanya sekitar Rp500 Juta pertahun. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia sudah terbiasa membayarkan zakat langsung kepada mustahiq tidak kepada amil ataupun lembaga resmi dari pemerintah seperti Baznas dan lembaga swasta lainnya.

Berlatar dari permasalahan ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau, bergerak dengan membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ). UPZ adalah perpanjangan tangan dari Baznas yang struktur organisasinya baru sampai pada sasaran Kabupaten/Kota. Ibarat perbankan yang mempunyai kantor cabang utama, pembantu dan Kantor Kas. “UPZ adalah jejaring Baznas di kampus-kampus, sekolah-sekolah, instansi-instansi sampai di kelurahan dan kecamatan. Kita buat seperti ini agar bisa meluruskan kesalahan yang terjadi di masyarakat, bahwa zakat itu disampaikan kepada Amil atau Baitul Mal baru didistribusikan kepada para Mustahik,” ujar Dr. H. Azwar Aziz, SH, M. Si, Wakil Ketua I Bidang Data dan Pengumpulan Zakat Baznas Provinsi Riau.

Dr. H. Azwar Aziz, SH, M. Si, Wakil Ketua I Bidang Data dan Pengumpulan Zakat Baznas Provinsi Riau Berbincang dengan Wakil Ketua UPZ UIN Suska Riau, Dr. H. Ahmad Supardi, MA.
Dr. H. Azwar Aziz, SH, M. Si, Wakil Ketua I Bidang Data dan Pengumpulan Zakat Baznas Provinsi Riau Berbincang dengan Wakil Ketua UPZ UIN Suska Riau, Dr. H. Ahmad Supardi, MA.

Kepengurusan UPZ di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau baru saja terbentuk dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Pengurus Baznas Provinsi Riau, tentang Pengangkatan Pengurus Unit Pengumpul Zakat pada UIN Suska Riau Masa Bakti 2019-2024.  UPZ bertugas mengumpulkan zakat, infak, sedekah pada UIN Suska dan seluruh hasil pengumpulan wajib disetorkan kepada Baznas. Namun bila diperlukan, UPZ dapat melakukan tugas pembantuan pendistribusian dan pendayagunaan zakat paling banyak sebesar 70% dari dana yang dikumpulkan serta dapat mengajukan usul pendayagunaan dana zakat, infaq dan sedekah baik berbentuk zakat produktif maupun konsumtif kepada Baznas Provinsi Riau. “Dengan adanya UPZ ini kita bisa mendistribusikan zakat yang kita kumpulkan, termasuk untuk membantu mahasiswa yang betul-betul membutuhkan, misalnya untuk mahasiswa yang sampai tidak bisa membayar uang kuliah,” ujar Wakil Ketua UPZ UIN Suska Riau, Dr. Ahmad Supardi, MA.

Berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia 3 tahun 2014 Untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat di Kementerian/ Lembaga, Sekretariat Jenderal, Komisi Negara, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah, pemerintah telah mengaturnya dengan cara dikumpulkan melalui Badan Amil Zakat Nasional. Untuk provinsi Riau juga telah diatur melalui Keputusan Gubernur Riau Nomor: 1101/XII/2016 tanggal 6 Desember 2016 tentang Penetapan Pengurus Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Riau Periode 2016-2021.

About aini khalidah

Check Also

WhatsApp Image 2019-03-20 at 12.34.19

UKM Basketball UIN Suska Riau Juarai Dekan Law Basketball Cup IV Universitas Islam Riau

uin-suska.ac.id  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau kembali menorehkan prestasi gemilang di …