Home / Berita Utama / 736 Wisudawan Dilepas Dalam Sidang Senat Terbuka, Wisuda Program Doktor ke-22, Magister ke-51, Sarjana dan Diploma ke-71 UIN Suska Riau
IMG_3266

736 Wisudawan Dilepas Dalam Sidang Senat Terbuka, Wisuda Program Doktor ke-22, Magister ke-51, Sarjana dan Diploma ke-71 UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id      Sidang Senat Terbuka dalam rangka pelaksanaan Wisuda Program Doktor ke-22, Program Magister ke-51, Program Sarjana dan Diploma ke-71, Periode IV, Tahun Akademik 2018-2019 diisi dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Bupati Indragiri Hilir, Drs. H. M. Wardan, M.P.

Pelaksanaan wisuda di hari kedua ini mewisuda sebanyak 736 wisudawan/wati dari 8 Fakultas dan Program Pascasarjana. Dari Fakultas Ushuluddin diwisuda sebanyak 14 Wisudawan/ti, 190 wisudawan/ti dari Fakultas Syariah dan Hukum, 188 wisudawan/ti dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 7 wisudawan/ti dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 153 wisudawan/ti dari Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, 25 wisudawan/ti dari Fakultas Psikologi, 69 wisudawan/ti dari Fakultas Sains dan Teknologi dan 30 wisudawan/ti dari Fakultas Pertanian dan Peternakan dan dari Program Pascasarjana 60 wisudawan/ti.

736 wisudawan/wati dari 8 Fakultas dan Program Pascasarjana

 

736 wisudawan/wati dari 8 Fakultas dan Program Pascasarjana
736 wisudawan/wati dari 8 Fakultas dan Program Pascasarjana
Ketua Senat UIN Suska Riau, Prof. Dr. Sudirman M. Johan, M.A
Ketua Senat UIN Suska Riau, Prof. Dr. Sudirman M. Johan, M.A

Bupati Indragiri Hilir Drs. H. M. Wardan, M.P yang didaulat untuk menyampaikan Orasi ilmiah menjelaskan tentang Kampung Qur’ani yang menjadi salah satu program andalan pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir. Kampung Qur’ani merupakan peningkatan dari program Maghrib Mengaji yang telah dilaksanakan sebelumnya dan masih berlanjut hingga saat ini. Program ini dijalankan dengan membangun satu rumah tahfiz di setiap desa dan kelurahan yang ada di Indragiri Hilir. Setiap desa mendapatkan anggaran untuk membangun rumah tafhiz, sementara untuk pengelolaanya diserahkan kepada masyarakat. “Melalui program ini diperkuat pengembangan SDM berbasis keimanan dan ketakwaan dan disisi inilah salah satu peran dari alumni UIN Suska sangat kita harapkan,” ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan Riau ini.

Bupati Indragiri Hilir Drs. H. M. Wardan, M.P
Bupati Indragiri Hilir Drs. H. M. Wardan, M.P

Selanjutnya, beliau berpesan kepada seluruh wisudawan bahwa Wisuda merupakan sebuah permulaan untuk selanjutnya bertemu dengan kondisi yang lebih kompleks dan membutuhkan wawasan yang lebih luas. Wisuda sebagai momentum hijrah menjadi sangat penting bagi wisudawan agar lebih siap dan percaya diri dalam memahami kompleksitas permasalahan masyarakat, bangsa dan negara hingga dunia. “Melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki semoga menjadi modal untuk mampu menganalisa kekuatan, kelemahan, kesempatan, peluang dan tantangan yang dinamis agar menjadi lebih siap dalam menghadapi kompetisi kerja dan menabur manfaat sebesar-besarnya.” Ujar beliau dalam orasinya

Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag, M. Ag
Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag, M. Ag

Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag, M. Ag dalam sambutannya memaparkan mengenai Islam moderat yang menjadi salah satu ciri alumni UIN Suska Riau. Islam yang menghargai persaudaraan sesama muslim dan persaudaraan sebangsa dan setanah air. “Islam moderat adalah islam yang ummatnya saling toleransi dan menerima perbedaan sebagai sebuah keniscayaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Islam yang wasatiah merupakan bekal dalam mengarungi samudra kehidupan setelah tamat dan menyelesaikan pendidikan di UIN Suska Riau”. Ujar Rektor.

IMG_3200

Dalam kesempatan ini juga langsung dilaksanakan Penandatangan nota kesepahaman antara UIN Suska Riau dengan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir untuk menjalankan kerjasama terkait pengembangan Tri Darma perguruan Tinggi.

IMG_3303

IMG_3295

 

About aini khalidah

Check Also

1

Briefing Senin Pagi, Jaga Kekompakan dan Kebersamaan dalam Perbedaan

uin-suska.ac.id  Pengarahan dalam Kegiatan Briefing pagi pada 15 Ramadhan 1440 H,  disampaikan oleh Kepala Biro …