Home / Berita Utama / Rektor menegaskan bahwa kegiatan bisnis Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) UIN Suska Riau Halal
IMG_1462

Rektor menegaskan bahwa kegiatan bisnis Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) UIN Suska Riau Halal

uin-suska.ac.id               Rapat Anggota Tahunan (RAT), pengurus Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) UIN Suska Riau berlangsung di lantai 5 gedung Rektorat pada hari kamis, tanggal 28 Februari 2019. Dalam kesempatan itu, Rektor UIN Suska Riau memberikan kata sambutan yang penting untuk diketahui oleh khalayak UIN Suska Riau.

Dalam kata sambutannya, Rektor sekaligus sebagai guru besar bidang Ekonomi Syari’ah menyampaikan sebagai berikut :

  1. Koperasi merupakan transaksi bisnis yang paling halal. Rektor menegaskan bahwa  dalam kajian lembaga-lembaga keuangan syari’ah menjelaskan bahwa koperasi merupakan kegiatan bisnis yang tidak perlu diragukan kehalalannya.  Karena koperasi tidak mengenal istilah bunga, tetapi jasa. Koperasi dari anggota dan untuk anggota. Berbeda dengan bank yang hanya menguntungkan satu pihak.
  2. Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) UIN Suska Riau akan dikembangkan tidak hanya simpan pinjam saja, tetapi juga memasuki usaha-usaha real.
  3. Koperasi dikembangkan dengan tidak ada unsur riba, tidak ada unsur kezaliman,  tapi unsur kekeluargaan, sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 yang menjadi soko guru perekonomian Negara.
  4. Rektor sebagai pembina koperasi mendorong agar pinjaman dari koperasi meningkat  sampai pada Rp. 50.000.000 agar Pegawai memiliki usaha sampingan, agar pinjaman dari koperasi dapat dijadikan modal usaha.

Cuplikan pernyataan Rektor dapat dilihat pada video berikut ini :

https://youtu.be/QpfBmI54qFI

Dalam acara yang ramai diikuti para anggotanya, ketua pengurus KPRI UIN Suska Riau, Drs Suhaimi, D, MSi mengatakan bahwa perlu disebar luaskan informasi, mengenai amanat Rektor yang disampaikan dalam RAT kali ini. “Jangan ragu lagi, bahwa Koperasi kita ini dari kita untuk kita.   Koperasi kita ini halal” , Tegas Drs Suhaimi, D, MSi.

About khaidir alimin

Check Also

WhatsApp Image 2019-03-20 at 12.34.19

UKM Basketball UIN Suska Riau Juarai Dekan Law Basketball Cup IV Universitas Islam Riau

uin-suska.ac.id  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau kembali menorehkan prestasi gemilang di …