Home / Berita Utama / Peningkatan Kapabilitas Pengelolaan BLU, Perlu Satukan Arah dari Pucuk Pimpinan Hingga Pejabat Terendah
Rektor dan Peserta Raker Foto Bersama Narasumber dari PPK-BLU Direktorat Jendral Perbendaharaan, Kementrian Keuangan RI
Rektor dan Peserta Raker Foto Bersama Narasumber dari PPK-BLU Direktorat Jendral Perbendaharaan, Kementrian Keuangan RI

Peningkatan Kapabilitas Pengelolaan BLU, Perlu Satukan Arah dari Pucuk Pimpinan Hingga Pejabat Terendah

uin-suska.ac.id        Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau saat ini sudah sampai pada tahap Implementasi Agensifikasi dalam penerapan pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU). Tahapan ini mengharuskan UIN Suska mulai mandiri dari sisi keuangan. UIN Suska sebenarnya memiliki potensi besar untuk mencapai kemandirian keuangan ini. Namun yang terjadi hambatannya justru muncul dari internal UIN Suska sendiri. Hal ini disampaikan oleh  Achmad Ngirfan dari PPK-BLU Direktorat Jendral perbendaharaan, Kementrian keuangan RI dalam materi yang disampaikannya pada Rapat Kerja Tahun 2019 dan Penyusunan Anggaran Tahun 2020 UIN Suska Riau.

Permasalahan ini harus segera diatasi dengan menyatukan kemampuan dan kekuatan mulai dari pucuk pimpinan hingga pimpinan paling bawah dan memastikan semuanya satu arah. Perencanaan Strategis juga harus dibuat untuk dijadikan peta langkah dalam meningkatkan pendapatan non akademik. Sumberdaya manusia yang baik juga sangat menentukan, untuk hal ini bisa dilakukan dengan memberikan otoritas dan tanggungjawab dalam melakukan perubahan proses bisnis lebih baik.

“UIN Suska ini memiliki potensi yang sangat besar untuk menambah pendapatan non akademik. Bila dikelola dengan baik sesuai dengan karakter keislaman yang dimiliki akan memberikan hasil yang luar biasa,” ujarnya.

Narasumber dan Moderator, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. Drs. H. Hajar, M.Ag
Narasumber dan Moderator, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. Drs. H. Hajar, M.Ag

 

 

 

 

 

 

Pemanfaatan dan Pengelolaan aset dengan lebih baik sudah menjadi target kerja Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag, M. Ag sejak awal dilantik delapan bulan lalu. Saat ini sudah didapat peta permasalahan dari pengelolaan asset selama ini. “Saat ini tim dari Pusat Pengembangan Bisnis UIN Suska terus bergerak dan akan menggandeng pihak terkait untuk mengatasi permasalahan ini, termasuk untuk mengatasi masalah mediasi dan hukum,” tegas Rektor.

Dekan FTK

 

Peserta Raker Aktif Bertanya kepada Narasumber
Peserta Raker Aktif Bertanya kepada Narasumber

Beberapa permasalahan Pengelolaan Keuangan yang dialami oleh hampir semua Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) diantaranya masih banyak SOP yang belum disusun maupun belum diupdate, penempatan dana idle tidak optimal (kurangnya pemahaman terhadap PMK 82/2018), Permasalahan/sengketa asset dan kurang optimalnya pemanfaatan asset oleh BLU, penyusunan kontrak kinerja dalam rangka pembayaran remunerasi, masih kurangnya pemahaman terkait kerjasama, PMK Tarif perlu dilakukan revisi serta rangkap jabatan dan perlu penguatan tugas dan fungsi SPI.

Tim Humas Mewawancarai Narasumber
Tim Humas Mewawancarai Narasumber

About aini khalidah

Check Also

WhatsApp Image 2019-03-20 at 12.34.19

UKM Basketball UIN Suska Riau Juarai Dekan Law Basketball Cup IV Universitas Islam Riau

uin-suska.ac.id  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau kembali menorehkan prestasi gemilang di …