Home / Berita Utama / Tiga (3) Rektor UIN Suska Riau dari masa yang berbeda terlihat harmonis dan kompak
WhatsApp Image 2019-02-26 at 10.53.57

Tiga (3) Rektor UIN Suska Riau dari masa yang berbeda terlihat harmonis dan kompak

uin-suska.ac.id         Setiap dan semua organisasi termasuk perguruan tinggi apapun jenisnya baik PTN maupun PTS pasti memiliki dan memerlukan seorang pimpinan tertinggi ( pimpinan puncak/top manajer ) yang harus menjalankan kegiatan kepemimpinan (leadership) bagi perguruan tinggi  sebagai satu kesatuan yang utuh.

Pengertian kepemimpinan banyak dikemukakan para ahli seperti :

  • Stephen P Robbins ( 1991 ) : Kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi suatu kelompok kearah pencapaian ( tujuan)
  • Robert G Owens (1995) : Kepemimpinan merupakan suatu interaksi antar suatu pihak yang memimpin dengan yang dipimpin
  • Robert Kreitther dan Angelo dan Kinicki : Kepemimpinan adalah upaya mempengaruhi anggota untuk mencapai tujuan organisasi secara sukarela
  • H. Hadari Nawawi : Kepemimpinan adalah kemampuan / kecerdasan mendorong sejumlah orang ( dua orang atau lebih) agar bekerjasama dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan yang terarah pada tujuan bersama

Berbeda memang antara pemimpin dengan orang kebanyakan. Seorang pemimpin dapat menekan keinginan pribadinya dan mendahulukan kepentingan orang-orang yang dipimpin serta organisasi yang dipimpin. Tidak semua orang bisa menjad Rektor, karena satu niversitas hanya ada satu orang rektor.   Masing-masing pemimpin ada masanya, dan setiap masa ada pemimpinnya.  Masing-masing pemimpin punya ciri khas.  Anggota organisasi, baik Dosen maupun tenaga kependidikan  (Kabiro, Kabag dan Kasubbag serta staf) sudah seharusnya  menyesuaikan diri dengan pemimpin depinitif, yang akan berbeda setiap periodenya.  Tentu saja dengan catatan harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Bukan ketaatan membabi buta.

Pada momen wisuda tahun 2019, tiga orang pemimpin tertinggi di UIN Suska Riau bertemu dan berkesempatan untuk berpoto bersama.

  1. Prof Dr H M. Nazir, MA
  2. Prof Dr Munzir Khitami, MA
  3. Prof Dr H Ahmad Mujahidin, S.Ag., M.Ag

Setiap pemimpin memiliki masa pendukung.  Tidak ada Rektor yang dapat memimpin dengan sukses 100% tanpa ada dukungan dari pendahulunya. Maka hubungan silaturrahim antar Rektor yang sedang memimpin dengan Rektor yang purna bakti sebagai Rektor perlu dilakukan.

Kami  (humas) berupaya mencari moment yang tepat untuk membagi keharmonisan antar 3 orang Rektor itu. Pada kesempatan wisuda ketiganya bersedia untuk berpoto. Dari gestur ketiganya terlihat bahwa ada dukungan dari dua pucuk pimpinan dari masa masing-masing. Kecintaan terhadap “rumah besa kita” UIN Suska Riau memang menjadi lebih penting dari pada sekedar   ego kelompok dan pribadi.  Dukungan terhadap kepemimpinan Rektor yang baru perlu dilakukan untuk menjalan UIN Suska Riau ke arah yang lebih baik dari hari ke hari. Semoga dukungan tidak hanya terlihat dari poto, dan gestur tubuh, namun benar-benar terwujud dari hati yang paling dalam untuk kemajuan semua pihak yang ada di UIN Suska Riau.

 

About khaidir alimin

Check Also

WhatsApp Image 2019-03-20 at 12.34.19

UKM Basketball UIN Suska Riau Juarai Dekan Law Basketball Cup IV Universitas Islam Riau

uin-suska.ac.id  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau kembali menorehkan prestasi gemilang di …