Home / Berita Utama / Demo UKT : Dukungan kepada Rektor defenitif
jadi 5

Demo UKT : Dukungan kepada Rektor defenitif

uin-suska.ac.id        Rektor  (bahasa Latin: regera, yang berarti guru) adalah istilah yang umumnya digunakan untuk pemimpin perguruan tinggi di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Kantor seorang rektor disebut rektorat (bahasa Inggris: rectorate). Rektor defintif memiliki kewenangan sebagai rektor sepenuhnya, berbeda dengan pelaksana tugas rektor  (Plt). Bagi seorang yang pernah menjabat Rektor, gelar yang diberikan adalah Rector emeritus.

Rektor dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pimpinan lembaga perguruan tinggi. Di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2009, rektor adalah pimpinan tertinggi perguruan tinggi yang berkewajiban memajukan ilmu pengetahuan di masing-masing institusi melalui pendidikan dan penelitian, serta memberikan kontribusi maksimal kepada khalayak luas.

Ibarat jalan, ada mendaki, adapula menurun, serta ada pula jalan yang datar-datar saja. Membuat kebijakan untuk sebuah perguruan tinggi, memiliki resiko yang tidak sedikit. Pemimpin universitas tidak akan mampu memuaskan semua pihak. Adakalanya seorang Rektor harus  membuat kebijakan yang tidak populer, tetapi bermanfaat untuk organisasi (UIN Suska Riau) yang lebih utama.

Berikut ini video dukungan dari Kabiro AUPK UIN Suska Riau terhadap kebijakan Rektor untuk memajukan UIN Suska Riau. Dalam video tersebut, terdapat ungkapan Kabiro AUPK bahwa sejauh ini kebijakan beliau masih “on the track”. Oleh sebab itu dukungan terhadap Rektor menjadi penting dalam keadaan suka maupun duka.

https://youtu.be/FgF0krMCimM

Tidak ada seorang pemimpin yang mampu memajukan sebuah universitas tanpa dukungan dari bawahannya. Terutama sekali dari orang-orang terpercaya yang diangkat menduduki jabatan tertentu. Semua pihak  hendaknya bahu-membahu menggerakkan roda manajemen universitas  untuk mencapai tujuannya, dalam hal ini mencerdaskan kehidupan bangsa.

Semoga dukungan terhadap Rektor definif (Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S.Ag.,M.Ag) benar-benar mengemuka dalam keseharian di UIN Suska Riau.

 

 

About khaidir alimin

Check Also

Inspektur Upacara, Rektor Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag., M.Ag

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Momentum Penyatuan Aparatur Sipil Negara

uin-suska.ac.id    Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 di UIN Suska Riau berlangsung khidmat.  Upacara bendera …