Home / Berita Utama / Pelayanan di Perpustakaan UIN Suska Riau Semakin Mudah dan Nyaman
perpus 2

Pelayanan di Perpustakaan UIN Suska Riau Semakin Mudah dan Nyaman

uin-suska.ac.id    Pelayanan di Perpustakaan UIN Suska Riau semakin mudah dan nyaman serta memiliki berbagai keunggulan. Pengunjung dimanjakan dalam beberapa pelayanan berbasis digital, antara lain pelayanan absensi, pelayanan OPAC (Online Public Acces Catalog) , dan juga pelayanan loker dan pelayanan tandon (Buku Master).

Kepala Perpustakaan UIN Suska Riau melalui Koordinator Pelayanan Perpustakaan, Ari Eka Wahyudi mengatakan, dari segi pelayanan terlebih dalam peminjaman buku semakin mudah dan cepat. Kini, pengunjung dapat meminjam langsung di lokasi dimana buku diambil.

Selain itu, perpustakaan UIN Suska juga membuka pelayanan bagi umum untuk membaca buku di perpustakaan tersebut. Namun, tidak boleh meminjam buku. “Untuk umum bisa sekadar membaca. Nanti kita ada kartu tamu. Ketika ada tamu, diarahkan ke TU, pengunjung mengisi buku tamu, nanti dikasih kartu tamu. Tapi tidak mempunyai akses untuk meminjam,” katanya, Senin (25/03/2019).

Kelebihan lainnya, Perpustakaan universitas membangun koneksi dengan perpustakaan fakultas, untuk saat ini dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan Fakultas Ushuluddin.

“Saat ini lagi fokus pada katalogisasi secara induk, katalog secara bersama. Sekarang sedang proses Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Dakwah.  Kita persiapan untuk turun ke fakultas-fakultas guna membina perpustakaan. Sudah dimulai dari tahun kemarin. Sekarang saya secara pribadi dan satu teman saya sudah bagi tim ke Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sains dan Teknologi,” terangnya.

Dengan layanan ini, pengunjung bisa mencari buku yang ada di Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, karena katalog sudah bersama.

Sering waktu, koleksi buku di Perpustakaan Universitas semakin banyak dan lengkap. Ari menuturkan, penambahan buku pertama lewat pengadaan yang dilakukan setahun sekali, kedua dari bantuan hibah. “Juga ada kiriman dari jurnal-jurnal, kiriman dari dosen, dan dari universitas luar,” katanya.

Untuk saat ini jadwal buka Perpustakaan Universitas yaitu Senin sampai Rabu, dari jam 08.00 sampai jam 15.15. Sedangkan Kamis dan Jumat buka jam 09.00 dan tutup 15.00. Kedepannya manjemen perpustakaan mewacanakan jadwal buka menyesuaikan waktu perkuliahan sesuai kebutuhan mahasiswa atau bila perlu buka malam hari. “Karena banyak mahasiswa mengerjakan tugas atau skripsi pada malam hari dan mereka memerlukan buku”kata Ari.

perpus 1

IMG_1722

??

About sukmawati sukmawati

Check Also

Inspektur Upacara, Rektor Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag., M.Ag

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Momentum Penyatuan Aparatur Sipil Negara

uin-suska.ac.id    Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 di UIN Suska Riau berlangsung khidmat.  Upacara bendera …