Home / Berita Utama / Raih Akreditasi A, Jurusan Ilmu Komunikasi Tingkatkan Kualitas dan Kerja Sama
Akreditasi3

Raih Akreditasi A, Jurusan Ilmu Komunikasi Tingkatkan Kualitas dan Kerja Sama

Setelah melalui proses yang panjang dan melelahkan akhirnya kerja keras sivitas akademika Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau berbuah manis dengan meraih akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).  Untuk saat ini jurusan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau adalah satu-satunya prodi Ilmu Komunikasi yang berakreditasi “A” di Riau.

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Atjih Sukaesih mengatakan, pihaknya akan terus berbenah dan meningkatkan mutu jurusan untuk mempertahankan akreditasi “A” tersebut.

“Untuk tataran akademiknya, kita akan meningkatkan bagaimana pelayanan-pelayanan yang lebih baik. Pokoknya sistem pelayanan satu pintu. Jadi, bagaimana semuanya balik ke jurusan. Kita atur pengelolaan secara profesional,” ujar Atjih, Senin (25/3/2019).

Atjih menekankan, dengan menyandang akreditasi A, pihaknya akan lebih mengedepankan kualitas daripada kuantitas mahasiswa. Untuk itu, menurutnya, ada kemungkinan pengurangan kuota penerimaan mahasiswa baru nantinya. “Karena perbandingan antara jumlah dosen dan mahasiswa harus ideal,” sebutnya.

Atjih mengatakan, mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau umumnya merupakan mahasiswa yang sangat berpotensi dan berbakat di bidangnya. Menurut Atjih mahasiswa berpotensi merupakan aset penting bagi jurusan terutama dalam mengharumkan nama jurusan Ilmu Komunikasi. “Jadi, dalam hal ini jurusan mulai memetakan mahasiswa berpotensi dan berbakat. Banyak sekali mahasiswa kita sebenarnya sangat produktif,  sangat kreatif dan sangat visioner di luar sana,” ungkap Atjih.

Selain itu, dengan akreditasi A, Jurusan Ilmu Komunikasi akan meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak di luar kampus. Hal ini penting untuk menyalurkan mahasiswa yang akan magang dan bekerja.

“Iya, (kerja sama) dengan stakeholder, itu yang akan lebih kita tingkatkan lagi. Apakah itu magang atau segala sesuatu untuk mahasiswa,” bebernya.

Di samping itu, Atjih menyadari bahwa alumni jurusan juga sangat berperan dalam membangun reputasi jurusan di luar kampus. Sebab itulah pihak jurusan sangat mendukung keberadaan Ikatan Alumni Ilmu Komunikasi (Ikakom) UIN Suska Riau.

“Itu yang lagi kita gagas, bagaimana bergandengan dengan alumni. Karena kekuatan mahasiswa ini juga ada pada alumni. Ketika mereka magang, nanti dijembatani para alumni yang memiliki jabatan-jabatan strategis tertentu,” kata Atjih.

Dra. Atjih Sukaesih,M. Si Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi
Dra. Atjih Sukaesih,M. Si Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi

Akreditasi2

About sukmawati sukmawati

Check Also

Ahmad-Supardi

Ceramah Dr. H. Ahmad Supardi, MA di Mesjid Al Jami’ah UIN Suska Riau 12 April 2019

uin-suska.ac.id              Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Suska …