web analytics

KKN UIN Suska Riau Bertema Penguatan Literasi Informasi Masyarakat

uin-suska.ac.id   Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2019. KKN tahun ini diikuti sebanyak 3.762 peserta, yang akan disebar di 364 desa di 11 kabupaten/kota se-Riau.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Suska Riau Dr Zarkasih, M. Ag. Zarkasih menuturkan bahwa sistem pendaftaran KKN dilakukan secara online sebagaimana tahun sebelumnya, dan pendaftaran sudah ditutup. “Pendaftaran ini penting untuk menentukan jumlah peserta dan pembuatan baju peserta KKN,” kata Zarkasih.

Selanjutnya, LPPM akan mengadakan pembekalan bagi peserta KKN pada akhir Juni dan pelaksanaan KKN dimulai setelah lebaran Idul Fitri mendatang.

Zarkasih mengungkapkan, Tim dari LPPM telah melakukan survei lapangan ke desa-desa tempat pelaksanaan KKN serta menjalin silaturahmi dan koordinasi dengan perangkat pemerintah desa, kecamatan, maupun kabupaten terkait pelaksanaan KKN tersebut. Zarkasih mengatakan, pemilihan lokasi KKN oleh mahasiswa dilakukan pada awal April lewat situs LPPM UIN Suska Riau.

Menurut Zarkasih, per desa akan menerima 10 sampai 11 mahasiswa. Adapun tema KKN tahun ini yaitu “Penguatan Literasi Informasi untuk Masyarakat yang Cerdas Bermedia Sosial”.

Dengan tema ini mahasiswa diharapkan mampu membuat program yang menjadikan masyarakat melek literasi informasi sehingga tidak terpengaruh berita bohong ataupun berita provokatif di Internet.

“Bagaimana mahasiswa mengarahkan masyarakat cerdas bermedia sosial,” katanya.

Penulis : Rico Mardianto

IMG-20190329-WA0057 IMG-20190329-WA0060 WhatsApp Image 2019-04-01 at 14.50.58 WhatsApp Image 2019-04-01 at 14.52.34