Home / Berita Utama / Visiting Profesor Program Pascasarjana UIN Suska Riau “Integrasi Islam dan Sains”
foto 2

Visiting Profesor Program Pascasarjana UIN Suska Riau “Integrasi Islam dan Sains”

uin-suska.ac.id Dalam rangka pencerahan ilmu dan memperkaya materi kuliah mahasiswa, Progam Pascasarjana UIN Suska Riau megadakan kegiatan yang bertajuk Visiting Profesor dengan tema Integrasi Islam dan Sains. Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Dr. H. M. Amin Abdullah, MA. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan Pascasarja, Dosen Home Base dan ±50 orang mahasiwa Pascasarjana UIN Suska Riau.

Direktur Pascasarjana UIN Suska Riau dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini senganja kita buat dan kita undang pembicara Guru Besar dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk memberikan pencerahan beberapa poin yang lama maupun yang baru tentang kajian yang telah lama dibicarakan. Diakhir sambutan Direktur Pascasarjana UIN Suska Riau Prof. Dr. Afrizal M, MA membuka kegiatan Visiting Profesor ini secara resmi.

Narasumber : Prof. Dr. H. M. Amin Abdullah, MA Dirketur Pascasarjana : Prof. Dr. Afrizal M, MA Moderator : Dr. Muslim Affandi, M.Pd
Narasumber : Prof. Dr. M. Amin Abdullah, MA
Dirketur Pascasarjana : Prof. Dr. Afrizal M, MA
Moderator : Dr. H. Muslim Affandi, M.Pd

Dalam pemaparannya Prof. Dr. H. M. Amin Abdullah, MA mengatakan bahwa beliau harus berbicara tema lama dengan baju baru, karena tema ini sudah diangkat 15 tahun yang lalu. Sekarang Kementerian Agama dibawah Dirjen Pendis baru memahami pentingnya integrasi keilmuan, maka saat ini mereka sedang menyusun buku Pedoman Implementasi Integrasi Keilmuan di Lingkunagan PTKIN. Diharapkan di tahun 2019 sudah diterbitkan dan menjadi rujukan untuk mempelajari integrasi Islam dan Sains. “Begitulah pentingnya belajar integrasi Ilmu dan Sains, bak pepatah mengatakan Tak Kan Lekang Karena Panas dan Tak Lapuk Karena Hujan”, Tegas Prof. Amin.

Lebih lanjut menurut Prof. Amin mengatakan bahwa integrasi Ilmu dan Islam sangat diperlukan dan perlu dipelajarai pada setiap Fakultas di PTKIN, semoga buku yang akan diterbitkan oleh Kementerian Agama itu akan menjadi rujukannya. “Dalam sebuah buku Nedolgussom kebangsaan Aljazair yang berjudul Quantum Queds dalam buku tersebut menyatakan bahwa pertanyaan yang mendesak bagi dunia muslim adalah bagaimana mendekatkan, mendialogkan dan mengkompromikan antara tradisi-tradisi Keislaman dan tradisi muslim seluruh dunia dengan dunia ilmu pengetahuan, itulah sebenarnya tema integrasi Islam dan Sains”, Terang Prof. Amin.

Mahasiswa Pascasarjana UIN Suska Riau
Peserta Kegiatan : Mahasiswa Pascasarjana UIN Suska Riau

Berkaitan dengan integrasi saat ini yang harus menjadi pertanyaan bagaimana muslim kontemporer melihat hubungan sains dan agama kalau untuk dilingkungan UIN semestinya untuk agama Islam. Menurut Prof. Amin ketika dihubungkan antara agama dan sains maka akan menimbulkan 4 hal yaitu Konflik, Independen, Dialog dan Integrasi. Untuk implementasi di dunia pendidikan integrasi tersebut merupakan barometer sebuah ilmu pengetahuan. Seharusnya integrasi tersebut sudah diterapkan di berbagai perguruan tinggi Islam karena semenjak tahun 1970-an Universitas kita sudah berwajah modern dengan berbagai interdisiplin ilmu yang dipelajari.

About muhammad huzaini

Check Also

IMG_7690

Lagi, Prodi di UIN Suska Riau Raih Akreditasi “A”

Prodi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Raih Akreditasi Unggul “A” uin-suska.ac.id     Setelah melalui proses …