web analytics

Perkemahan Bakti Pramuka (Pertika) IV dibuka oleh Kepala Biro Kesra Provinsi Riau

uin-suska.ac.id Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) Kota Pekanbaru 08-059/08-060 UIN Suska Riau kembali melaksanakan Perkemahan Bakti Pramuka (Pertika) Tahun 2019. Tahun ini merupakan tahun keempat pelaksanaan kegiatan ini. Acara pembukaan Pertika IV dilaksanakan di lapangan gedung rektorat yang  ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Biro Kesra Provinsi Riau  Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si.

IMG_6079

IMG_5970

Turut hadir dalam kegiatan ini Rektor UIN Suska Riau yang diwakili oleh  WR III UIN Suska Riau Drs. H. Promadi, MA., Ph.D., Kwartir Daerah 04 Gerakan Pramuka Riau HM Azaly Djohan, SH, Walikota Pekanbaru yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Perwakilan dari Korem 031 Wirabima, Direktur PT. Bumi Siak Pusako, Direktur BRI Syariah Pekanbaru, Ketua Dewan Kerja Riau dan  Ketua dan Pengurus Gugus depan 08-059/08-060 UIN Suska Riau.

IMG_5899

Dalam Sambutannya Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si mengungkapkan bahwa Gubernur Riau berterima kasih kepada Rektor dan Ketua Gugus Depan Pramuka UIN Suska Riau yang telah membantu memfasilitasi dan menyediakan tempat serta mengundang seluruh peserta yang terdiri dari pramuka penegak dan pandega seprovinsi Riau.

Selain itu, Beliau juga berpesan kepada anggota pramuka agar menjadi tenaga penggerak kader pembangunan disegala bidang, bermental tinggi mempunyai moral dan budi pekerti yang luhur serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menggunakan prinsip dasar kepramukaan, menjadi kader pemimpin yang baik di lingkungan pramuka dan di luar pramuka. “Diharapkan nantinya adik-adik pramuka ini mampu mengaktualisasikan potensi individu maupun kelompok dalam meningkatkan kualitas menuju kemandirian, mendedikasikan bakti nyata pramuka bagi masyarakat serta menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan asri,” ujarnya.

IMG_5964
Drs. H. Promadi, MA., Ph.D., saat memberikan kata sambutan pada acara Pembukaan Pertika IV UIN Suska Riau

Selanjutnya, Drs. H. Promadi, MA., Ph.D.,dalam sambutannya memaparkan tiga tujuan umum yang ingin dicapai dari acara Pertika IV yang dilaksanakan 21-26 April 2019 di Bumi Perkemahan UIN Suska Riau ini yaitu sebagai ajang pendidikan dan pelatihan, ajang pengabdian masyarakat dan ajang sosialisasi. Beliau juga berharap agar kegiatan ini akan menjadi kenangan indah bagi adik-adik peserta Pertika di masa mendatang.

IMG_6005
HM Azaly Djohan, SH

Sementara itu, HM Azaly Djohan, SH dalam sambutannya juga mengharapkan agar kegiatan ini berkelanjutan dan dijadikan sebagai alat pendidikan, membina watak dan ketrampilan para peserta untuk lebih mandiri, peka dan peduli terhadap lingkungan sekitar dan memupuk semangat persaudaraan. “Mari bersama ambil ilmu-ilmu dan hikmah serta pelajaran dari kegiatan ini, adanya kendala dalam perkemahan tentunya merupakan bumbu dan tantangan tersendiri bagi kakak pembina pendamping dan adik peserta perkemahan”. Ungkapnya.

Setidaknya ada tujuh kegiatan yang akan dilaksanakan pada Pertika IV yang diikuti oleh 801 orang Pramuka Penegak dan Pandega ini, diantaranya Kegiatan Umum dan Persaudaraan, Kegiatan Bakti, Kegiatan Pengetahuan dan Penyuluhan, Kegiatan Prestasi, Kegiatan Permainan Rakyat dan Persaudaraan, Kegiatan Giat Wisata dan Kegiatan Pembina Pendamping.

IMG_5988

IMG_5909

Acara pembukaan Pertika IV ini ditutup dengan Penampilan dari Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Atraksi Karate dan Devile peserta perkemahan.

IMG_6140

IMG_6121