Home / Berita Utama / PSGA Goes To School: “Caring Children” Menumbuhkan Karakter Positif Anak Melalui Media dan Berkisah
Caring Children 1

PSGA Goes To School: “Caring Children” Menumbuhkan Karakter Positif Anak Melalui Media dan Berkisah

uin-suska.ac.id      Dalam upaya membangun serta menguatkan karakter positif anak, Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Suska Riau melaksanakan kegiatan pengabdian dengan mengusung tema “Kita Kuatkan Karakter Positif Anak melalui Media dan Berkisah,” Selasa (18-06-2019) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah III Pekanbaru. Ketua PSGA, Dr. Sukma Erni, M.Pd mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan karakter-karakter positif pada anak seperti keberanian, kejujuran dan kesadaran akan ibadah sebagai seorang muslim. “Disamping itu juga untuk menanamkan sikap waspada pada anak untuk mengenali dan menjaga diri dari gangguan-gangguan pelecehan yang tidak diharapkan.” ujarnya.

Caring Children 3

Karakter-karakter positif ini ditanamkan melalui kegiatan berkisah dan menyaksikan beberapa video singkat. PSGA Menggandeng  Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Suska Riau yang di pimpin oleh ibu Hj. Siti Syamsiah Akhmad Mujahidin dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI). Dalam perbincangan sehari sebelum kegiatan dilaksanakan Ketua DWP UIN Suska Riau menegaskan bahwa membangun anak dan menanamkan nilai dan keberanian pada anak sagat penting untuk dapat memaksimalkan kemampuanya disamping menjaga dirinya sendiri dari hal yang tidak diinginkan. PDGI dalam hal ini memberikan informasi tentang bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 130 siswa kelas I hingga kelas IV dengan delapan guru pendamping. Empat orang guru diantaranya merupakan Alumni PGMI UIN Suska Riau. Pada sambutan Ketua PSGA, Dr. Sukma Erni, M.Pd menyampaikan bahwa salah satu fokus kegiatan PSGA adalah ‘Caring Children’ selain kegiatan penelitian dan pengabdian. Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana dari kegiatan Caring Children ke sekolah yang dikoordinatori  oleh  Dr. Alfiah, M.Ag dan Dra. Meimunah SM, M.Ag.

Caring Children 4

Berkisah atau Story Telling adalah kegiatan yang melibatkan dosen dan mahasiswa sebagai pengisah atau story tellernya. Kegiatan PSGA Goes To School ini adalah kegiatan perdana yang diisi dengan kegiatan Sosialisasi Bersih dan Sehat ke Sekolah, Berkisah dan Nonton Bareng Video Anti Kekerasan pada Anak. Penyuluhan kesehatan gigi disampaikan oleh drg. Endah, berkisah dengan penanaman karakter keislaman oleh Reni Rahmalis M.Psi, Psikolog dan  penanaman karakter keberanian dan kejujuran oleh Anisa Nurul Azkiya atau yang sering dipanggil “Kak Ayi”, story teller dari Yogyakarta yang sedang ‘pulang kampung’ ke Pekanbaru.

Kegiatan ditutup dengan nonton bareng video anti kekerasan pada anak. Siswa-siswa MI Muhammadiyah III Pekanbaru ini sangat kooperatif dan antusias selama berlangsungnya kegiatan.  Ketika sesi tanya jawab, para siswa sangat antusias untuk menjawab. Mendengar spontanitas siswa, kepala sekolah yang mengikuti kegiatan sejak awal sampai akhir mengungkapkan rasa terimakasih yang mendalam serta mengharapkan PSGA akan tetap menggandeng mereka dalam kegiatan selanjutnya.

Caring Children 2

About aini khalidah

Check Also

s kepemimpinan

Dema FSH UIN SUSKA Riau Adakan Seminar Kepemimpinan

Uin-suska.ac.id               Dewan Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (Dema FSH) …