Home / Berita Utama / BPKH Gelar Diseminasi Pengawasan Efisiensi Operasional dan Kemaslahatan Haji di UIN Suska Riau
IMG_9543

BPKH Gelar Diseminasi Pengawasan Efisiensi Operasional dan Kemaslahatan Haji di UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id      Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bekerjasama dengan Komisi VIII DPR RI menyelenggarakan Diseminasi Pengawasan Aktifitas Efisiensi Operasional dan Kemaslahatan Haji Dengan Stakeholder Perhajian di Aula lantai V Gedung Rektorat UIN Suska Riau, Kamis (27/06/2019).

Acara yang dibuka oleh Walikota Pekanbaru yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, M. Yunus ini juga dihadiri oleh Rektor UIN Suska Riau yang diwakili oleh Wakil Rektor III, Drs. H. Promadi, MA., Ph.D, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau yang diwakili oleh Kasi Dokumen, Suhardi Hasan, Sekretaris PW NU dan segenap civitas academica UIN Suska Riau.

IMG_9536

IMG_9574

Kegiatan berbentuk diskusi panel ini membahas tentang peran pengawasan oleh dewan pengawas dalam pengelolaan keuangan haji dan renstra BPKH. Bertindak sebagai narasumber M. Akhyar Adnan, S.E., MBA., Ph.D., Ak., CA, Anggota Dewan Pengawas BPKH.

. Akhyar Adnan, S.E., MBA., Ph.D., Ak., CA, Anggota Dewan Pengawas BPKH
M. Akhyar Adnan, S.E., MBA., Ph.D., Ak., CA, Anggota Dewan Pengawas BPKH

Dalam sambutannya ahli Ekonomi Syari’ah ini menyatakan bahwa saat ini Pengelolaan keuangan haji dikelola secara terpisah oleh badan yang dibentuk oleh negara. Nama lembaga itu adalah Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH). Di dalam BPKH terdapat dua fungsi yaitu pelaksana dan pengawas. “Dewan pengawaslah yang dipilih oleh DPR dan menjadi mitra DPR dan dilantik oleh Presiden pada 26 Juli 2017 lalu” katanya.

IMG_9516

BPKH ini merupakan sebuah badan baru, berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji. Sebagaimana dimaksud pada ayat (1), BPKH bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.  “Pengelolaan Keuangan Haji bertujuan meningkatkan kualitas Penyelenggaraan Ibadah Haji, rasionalitas dan efisiensi penggunaan BPIH dan manfaat bagi kemaslahatan ummat Islam,” pungkas Muhammad Akhyar Adnan.

IMG_9534

Selain itu, BPKH perlu menguatkan kelembagaan dan membangun sinergi dan kemitraan dengan perbankan syariah.

IMG_9559

IMG_9572

IMG_9562

IMG_9521

 

About aini khalidah

Check Also

WhatsApp Image 2019-07-18 at 08.34.15

Pionir 11: Medali Emas cabang Pop Solo Islami dalam ajang PIONIR IX di Malang (Need for Achievement)

uin-susla.ac.id        Ucapan selamat atas prestasi memang menjadikan orang lebih bersemangat, namun dapat …