Home / Berita Utama / Kakanwil Kemenag Provinsi Riau, Dr. Drs. H. Mahyudin, MA, Menjadi Doktor ke-116 Dari UIN Suska Riau
IMG_0428

Kakanwil Kemenag Provinsi Riau, Dr. Drs. H. Mahyudin, MA, Menjadi Doktor ke-116 Dari UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id     Konsep Guru Profesional: Kajian Terhadap Efektivitas Sertifikasi, Komitmen Kerja dan Kemampuan Kerja Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Di Kota Pekanbaru, judul inilah yang diangkat oleh salah seorang kandidat doktor dalam Ujian Promosi Doktor di kampus Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Ujian Promosi Doktor kali ini cukup istimewa karena Promovendus (sarjana yang menyusun disertasi dan mempertahankannya untuk memperoleh gelar doktor di perguruan tinggi, Red) kali ini adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Drs. H. Mahyudin, MA

Promovendus, Drs. H. Mahyudin, MA disaat mempertahankan Disertasinya dihadapan Tim Penguji Ujian Promosi Doktor
Promovendus, Drs. H. Mahyudin, MA disaat mempertahankan Disertasinya dihadapan Tim Penguji Ujian Promosi Doktor

Aula Pascasarjana tempat Ujian Promosi ini digelar pada Rabu (10/07/2019) lalu dipenuhi oleh kerabat dan rekan kerja promovendus, mahasiswa dan turut dihadiri juga oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Masyarakat Pemprov Riau, H. Ahmad Syah Harrofie, SH.

mah 3

 

 

 

 

 

 

 

mah 4

IMG_0389

Drs. H. Mahyudin, MA diuji dihadapan tujuh orang penguji yaitu Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag., M. Ag sebagai Ketua Tim Penguji, Direktur  Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Prof. Dr. Nizar Ali, MA, sebagai Penguji Utama, Direktur Pascasarjana UIN Suska Riau, Prof. Dr. Afrizal M, MA, Penguji II, Prof. Dr. Amril M, MA, Penguji III, Prof. Dr. H.M Nazir, Penguji IV, Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam, Dr. H. Abu Anwar, M. Ag sebagai Penguji V dan Dr. Abu Bakar, M. Pd sebagai Sekretaris.

IMG_0346

IMG_0416

Ujian diawali dengan penyampaian Abstraksi Disertasi oleh Promovendus, kemudian ditanggapi oleh tim penguji. Diawali oleh Ketua tim penguji yang mengkritisi tentang metodelogi penelitian terkait variabel penelitian yang digunakan. Dilanjutkan dengan penguji lain yang mengkritisi penggunaan kalimat, tanda baca, hingga koreksi tentang pengulangan penulisan ayat-ayat Al-Qur’an seperti yang disampaikan oleh Penguji II, Prof. Dr. Afrizal M, MA

IMG_0386 IMG_0387 IMG_0380     IMG_0381

Penguji Utama, Prof. Dr. Nizar Ali, MA memberikan kritik dan masukan terkait jenis penelitian yang harus dipertegas apakah penelitian kuantitatif atau kualitatif. Prof. Dr. Nizar Ali, MA juga berharap agar basis penelitian ini memisahkan dengan jelas pembahasan mengenai dua jenis input sertifikasi yaitu Portofolio dan PLPG agar jelas benang merah apa penyebab munculnya penilaian bahwa sertifikasi guru MTs  di Pekanbaru tidak efektif dalam mencapai konsep guru yang profesional. “Aspek pemutakhiran terkait upaya pemerintah mengubah penilaian berdasarkan dokumen-dokumen di portofolio menjadi PLPG belum terlihat dalam penelitian ini,” ujar guru besar dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

IMG_0419

Kritikan dan masukan yang diberikan oleh tim penguji dijawab dengan baik oleh Promovendus. Beberapa perbaikan dari Tim Penguji juga dicatat dengan baik. Ujian akhirnya dihentikan sekitar 15 menit untuk memberi kesempatan kepada tim penguji mendiskusikan hasil dari Ujian Promosi ini.

Akhirnya diumumkan bahwa promovendus, Drs. H. Mahyudin, MA dinyatakan lulus dengan prediket Amat Baik dan berhak menyandang gelar Doktor. Dr. Drs. H. Mahyudin, MA tercatat sebagai doktor ke-116 dari UIN Suska Riau.

IMG_0398

Drs. H. Mahyudin, MA dinyatakan lulus dengan prediket Amat Baik
Drs. H. Mahyudin, MA dinyatakan lulus dengan prediket Amat Baik

 

IMG_0406

IMG_0409

Tim Penguji Memberikan Ucapan Selamat
Tim Penguji Memberikan Ucapan Selamat

About aini khalidah

Check Also

WhatsApp Image 2019-07-18 at 08.34.15

Pionir 11: Medali Emas cabang Pop Solo Islami dalam ajang PIONIR IX di Malang (Need for Achievement)

uin-susla.ac.id        Ucapan selamat atas prestasi memang menjadikan orang lebih bersemangat, namun dapat …