Home / Berita Utama / LPTK DAN TANOTO FOUNDATION LAKSANAKAN LOKAKARYA PROVINSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) KOLABORASI GURU-DOSEN
Dendi Satria Buana, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau memberikan sambutan
Dendi Satria Buana, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau memberikan sambutan

LPTK DAN TANOTO FOUNDATION LAKSANAKAN LOKAKARYA PROVINSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) KOLABORASI GURU-DOSEN

uin-suska.ac.id   Pengembangan inovasi Program peningkatan kualitas pembelajaran (PINTAR) yang sudah dimulai sejak tahun 2018 terus dipacu untuk memperbaiki pembelajaran di Riau. Kali ini, Tanoto Foundation bersama LPTK UIN Suska Riau, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dan LPTK Universitas Riau (UR), Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) melaksanakan lokakarya provinsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaborasi guru dan dosen di hotel Premiere Pekanbaru (7-9/8/2019)

Dendi Satria Buana, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau menjelaskan  bahwa peserta lokakarya ini terdiri dari dosen di  dua LPTK mitra (UIN Suska Riau dan UR), guru-guru sekolah mitra dan pegawas. “ Mereka duduk bersama  untuk membahas bagaimana agar guru terus menerus dapat meng-improve proses pembelajaran  dengan mengikuti pola penelitian tindakan kelas”, ujarnya.  Dendi menambahkan bahwa kegiatan PTK akan membiasakan guru melihat akar permasalahan yang ada di dalam kelas dimana mereka mengajar dan menemukan cara untuk mengatasi permasalahan terkait. “Jika situasi demikian sudah menjadi bagian dari rutinitas guru dalam memperbaiki   secara langsung pembelajaran yang dilaksanakannya maka pembelajaran semakin hari akan semakin efektif.” tambahnya.

Dosen dan guru membahas bersama persiapann PTK yang akan dilaksanakan
Dosen dan guru membahas bersama persiapann PTK yang akan dilaksanakan

Lokakarya  ini dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau, Dr. M. Syaifuddin, M.Ag. Dalam sambutannya Dekan FTK menyatakan dukungan penuh pada kegiatan yang dilaksanakan mengingat begitu pentingnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru-guru dalam upaya memperbaiki kondisi pembelajaran dalam kelas. “Sejauh ini, guru kita sering menjadikan PTK sebagai alat untuk kenaikan pangkat semata sehingga sering sekali di ‘proyek’ kan bukan dilaksanakan sendiri dan dalam kelasnya sendiri”, paparnya. M. Syaifuddin mengharapkan  bahwa keluaran dari kegiatan lokakarya ini semakin membiasakan guru memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilaksanakannnya dan semakin membangun relasi positif antara guru dan dosen dalam memperbaiki kualitas pendidikan.

lok 3

About aini khalidah

Check Also

WhatsApp Image 2019-10-04 at 19.28.45

AICIS 2019 : EDI ERWAN, S.Pt, M.Sc, Ph.D berharap penelitiannya meraih paten dan berguna bagi nusa dan bangsa

uin-suska.ac.id            Salah seorang Dosen UIN Suska Riau yang menampilkan hasil …