Home / Berita Utama / PT. Rajagrafindo Persada Jakarta (Rajawali Pers) Gandeng Kerja Sama Dengan UIN Suska Riau
Penandatanganan MoU antara UIN Suska Riau dengan PT. RajaGrafindo Persada
Penandatanganan MoU antara UIN Suska Riau dengan PT. RajaGrafindo Persada

PT. Rajagrafindo Persada Jakarta (Rajawali Pers) Gandeng Kerja Sama Dengan UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id      Kewajiban dosen menulis dan memproduksi buku diatur pada UU No. 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen serta sejumlah regulasi lain. Dosen secara perorangan atau kelompok wajib menulis buku ajar, atau buku teks yang diterbitkan oleh perguruan tinggi dan atau publikasi ilmiah sebagai salah satu sumber belajar.

Menginginkan hal ini dapat terwujud di kampus Islami Madani, Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag.,M.Ag menggesa penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerjasama dengan Penerbit PT. Rajagrafindo Persada Jakarta yang dulunya lebih dikenal dengan sebutan Rajawali Pers. Selasa (13/8/2019) ditandatanganilah MoU tersebut, bertempat di Lt. V Gedung Rektorat. “ Mahasiswa itu kalau materi yang diberikan (buku, red)  merupakan hasil ijtihad dosennya tentu lebih yakin dalam menyerap ilmu, untuk itu mulai tahun ini bagi seluruh dekan yang ada di POK (Petunjuk Operasional Kegiatan)nya Penerbitan Buku daras maka wajib bukunya diterbitkan di Rajawali,” tegas Rektor.

IMG_1667

 

 

 

 

 

 

Usai Penandatanganan dilanjutkan dengan pertukaran cendramata
Usai Penandatanganan dilanjutkan dengan pertukaran cendramata

RajaGrafindo Persada adalah sebuah perusahaan penerbitan buku-buku perguruan tinggi dan pilihan/umum. Hadir sejak tahun 1980, dengan nama awal CV. Rajawali Pers. Sejak tahun 1993 penerbit CV. Rajawali Pers tersebut meningkat statusnya menjadi PT. RajaGrafindo Persada. Nama Rajawali Pers tetap dipertahankan sebagai salah satu divisi yang khusus menerbitkan buku-buku teks perguruan tinggi.

IMG_1564 IMG_1562

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya
Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya

“Dosen-dosen yang sudah lima tahun mengajar wajib punya buku sendiri. Bila para reviewer melihat buku yang dihasilkan para dosen ini diterbitkan oleh Rajawali Pers maka reviewer sudah yakin bahwa buku ini punya kualitas yang berbeda, nilai kumnya bisa 40, kalau penerbitnya tidak dikenal atau hanya penerbit lokal paling nilainya dikasi 15-25 poin saja,” jelas Rektor.

MoU yang ditandatangani oleh Rektor UIN Suska Riau dan Direktur PT. RajaGrafindo Persada, Hetty Narulita ini berisi tentang  perjanjian kerjasama dalam bidang Penerbitan dan Pencetakan Buku, Peluncuran Buku, Seminar, Pelatihan Penulisan Buku dan Kuliah Umum serta bidang lain yang disepakati para pihak yang sesuai dengan fungsi dan wewenang masing-masing guna kelancaran pelaksanaan tugas dan kewajiban para pihak.

Direktur PT. RajaGrafindo Persada, Hetty Narulita
Direktur PT. RajaGrafindo Persada, Hetty Narulita

“Kami siap bekerjasama dengan UIN Suska Riau, tidak hanya untuk penerbitan buku tapi juga bisa diseluruh aspek Tridarma Perguruan Tinggi. Bisa memberikan pelatihan kepenulisan, seminar, pendampingan menulis dan hal lainnya yang bisa kita bicarakan kemudian,’’ ujar Monalisa, M. Si, Editor dari Departemen Editorial PT. RajaGrafindo Persada dalam sesi presentasinya.

Presentasi tentang PT. RajaGrafindo Persada oleh editor PT. RajaGrafindo Persada
Presentasi tentang PT. RajaGrafindo Persada oleh editor PT. RajaGrafindo Persada

“Saya seperti terbangun mendengar sambutan rektor tadi. Ini yang harus kita dukung, kami siap mendukung tercapainya visi misi rektor. Di UIN ini pasti banyak para pakar yang bisa kita bantu penerbitan  bukunya. Seperti salah seorang penulis best seller kami Prof. Alaidin Koto, buku-buku beliau sudah masuk cetakan yang ketujuh,” jelas Direktur PT. RajaGrafindo Persada, Hetty Narulita.

IMG_1651

Ada tiga sistem penerbitan yang dilaksanakan di PT. RajaGrafindo Persada. Pertama, Buku yang masuk diterbitkan secara reguler dengan biaya dari penerbit. Kedua, Sistem Co-Publishing dimana pembiayaan dari penulis, distribusi oleh penerbit. Ketiga, Pencetakan terbatas atau Print On Demand (PoD) dimana buku dicetak sesuai pesanan yang dibutuhkan oleh konsumen.

IMG_1672

Penandatanganan Pigura Buku-buku Karya Rektor UIN Suska Riau
Penandatanganan Pigura dari PT. Raja Grafindo Perkasa yang berisi tentang buku-buku Karya Rektor UIN Suska Riau yang diterbitkan oleh PT. Raja Grafindo Perkasa

Video Penandatanganan MoU antara UIN Suska Riau dengan PT. Raja Grafindo Perkasa Jakarta (Rajawali Pers) bisa dilihat di bawah ini

About aini khalidah

Check Also

6

PBAK Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau 2019 Resmi Dibuka Rektor

uin-suska.ac.id Sebagai bagian awal pengenalan dunia akademik bagi mahasiswa baru, Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) …