Home / Berita Utama / Rektor Lantik Ketua Sema dan Dema serta Ketua UKK dan UKM UIN Suska Riau Masa Bakti 2019-2020
Rektor UIN Suska Riau saat Melantik Ketua SEMA, DEMA, UKK dan UKM terpilih
Rektor UIN Suska Riau saat Melantik Ketua SEMA, DEMA, UKK dan UKM terpilih

Rektor Lantik Ketua Sema dan Dema serta Ketua UKK dan UKM UIN Suska Riau Masa Bakti 2019-2020

uin-suska.ac.id   Senin pagi (3/9/2019) Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag., M.Ag melantik Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) serta Ketua/Pimpinan Unit Kegiatan Khusus (UKK) dan Unit Kegiatan Umum (UKM) UIN Suska Riau masa bakti tahun 2019-2020 di Aula Lt. V Gedung Rektorat. Pelantikan yang disaksikan oleh civitas academica dan tamu undangan ini berlangsung khidmat dan lancar.

IMG_3137

Pelantikan Ketua Sema dan Dema serta Ketua/ Pimpinan UKK dan UKM ini dilakukan setelah sebelumnya dilakukan pemilihan melalui seleksi oleh Tim Adhoc yang dibentuk oleh rektorat. Hal ini dilakukan karena terjadi kekosongan kepengurusan Sema dan Dema yang telah berakhir kepengurusannya per 28 Februari 2019. Berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN Suska Riau Nomor 1332/R/2019 Tentang Ketua Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) di Lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengangkat Dewi Sari sebagai Ketua SEMA dan Asmin Mahdi sebagai ketua DEMA Universitas untuk masa bakti 2019-2020.

Dewi Sari, Ketua SEMA dan Asmin Mahdi ketua DEMA Universitas masa bakti 2019-2020
Dewi Sari, Ketua SEMA dan Asmin Mahdi ketua DEMA Universitas masa bakti 2019-2020

“Ketika kepengurusan Sema dan Dema lama berakhir, tidak ada laporannya sama sekali, apalagi mengajukan kepengurusan baru. Ketahuannya ini 14 Mei lalu, otomatis selama Maret, April dan Mei itu secara legal formal  pengurus BEM itu tidak ada.” Jelas Rektor dalam pengarahannya. Permasalahan ini kemudian dilaporkan Rektor Ke Jakarta untuk mengambil langkah-langkah yang perlu dilakukan. “kata Dirjen, semua urusan di UIN itu tanggung jawab Rektor! Maka langkah pertamanya adalah ambil alih itu BEM, maka keluarlah SK tgl 17 Mei pengembalian BEM UIN Suska Riau ke Rektor. Nah untuk itu kita lakukan langkah-langkah strategis yaitu pembentukan tim Adhoc.” Jelas Rektor.

IMG_3134

IMG_3132

Civitas Academica Saat Pelantikaan Ketua Sema dan Dema serta Ketua UKK dan UKM UIN Suska Riau Masa Bakti 2019-2020
Civitas Academica Saat Pelantikaan Ketua Sema dan Dema serta Ketua UKK dan UKM UIN Suska Riau Masa Bakti 2019-2020

Menurut Rektor hal ini perlu dilakukan karena berdasarkan aturan, seharusnya yang memilih ketua Sema dan Dema adalah mahasiswa sendiri. Namun pada kenyataannya saat ini semua perangkat itu tidak ada. “Vacum of power! maka Rektor mengambil inisiatif membentuk panitia Adhoc yang ketuanya WR III, Sekretarisnya WD III dan Kabag.  Alhamdulilaah dengan izin Allah, walau protes disana sini berjalan, Rektor atas izin dirjen-dirjen yang sudah menandatangani SK akhirnya pelantikan bisa berjalan hari ini,” jelas Rektor.

IMG_3197 IMG_3198 IMG_3204 IMG_3206

Dalam proses seleksi calon Ketua Sema dan Dema serta Ketua/ Pimpinan UKK dan UKM ini melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Tim Moderasi Beragama Kementerian Agama, sehingga ketua Sema dan Dema terpilih benar-benar sudah terseleksi akan tiga hal yaitu Pertama, Wawasan Kebangsaan. Pembahasan hal ini terkait Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Kedua adalah wawasan moderasi beragama. Pemerintah sudah menetapkan moderasi beragama sebagai proyek nasional di Rencana Pembangunan Jangka Menenegah (RPJM) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP). “Yang dimaksud dengan moderasi beragama disini adalah agama Islam yang ramah dengan lingkungan, saling toleran, saling menghormati, bisa hidup dengan 6 agama di Indonesia,” Jelas Rektor. Ketiga, Paham Organisasi, “Untuk ini saya berpesan agar 60 hari sebelum masa kepengurusan ini berakhir segera laksanakan pemilihan baru dan jangan suka melibatkan pihak eksternal dalam menyelesaikan masalah di UIN.” Pesan Rektor.

IMG_3221 1

IMG_3229

IMG_3237

Selain itu Rektor juga berpesan kepada seluruh pengurus Ormawa yang dilantik agar segera melakukan perekrutan koordinator-koordinator bidang agar segera dapat menyusun program kerja.

Foto Bersama Seusai Pelantikan
Foto Bersama Seusai Pelantikan

 

About aini khalidah

Check Also

Foto bersama Walikota Pekanbaru, Wakil Rektor III UIN Suska Riau dan Direktur Program Pintar, Stuart Weston setelah menerima  cendera mata  dari Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus S.T., M.T

WALIKOTA PEKANBARU APRESIASI HASIL PENDAMPINGAN PROGRAM PINTAR TANOTO FOUNDATION DAN PERAN SERTA PERGURUAN TINGGI DALAM PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

uin-suska.ac.id      Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus S.T., M.T mengapresiasi hasil pelatihan dan pendampingan di …