Home / Berita Utama / WALIKOTA PEKANBARU APRESIASI HASIL PENDAMPINGAN PROGRAM PINTAR TANOTO FOUNDATION DAN PERAN SERTA PERGURUAN TINGGI DALAM PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
Foto bersama Walikota Pekanbaru, Wakil Rektor III UIN Suska Riau dan Direktur Program Pintar, Stuart Weston setelah menerima  cendera mata  dari Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus S.T., M.T
Foto bersama Walikota Pekanbaru, Wakil Rektor III UIN Suska Riau dan Direktur Program Pintar, Stuart Weston setelah menerima cendera mata dari Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus S.T., M.T

WALIKOTA PEKANBARU APRESIASI HASIL PENDAMPINGAN PROGRAM PINTAR TANOTO FOUNDATION DAN PERAN SERTA PERGURUAN TINGGI DALAM PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

uin-suska.ac.id      Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus S.T., M.T mengapresiasi hasil pelatihan dan pendampingan di sekolah dan madrasah mitra Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (Pintar) Tanoto Foundation di Pekanbaru. Apresiasi ini diberikan setelah melihat tampilan  dan meninjau stand pameran saat unjuk karya Praktik Baik Program Pintar di Gelanggang Remaja, bahkan walikota juga minta proses filterisasi air dipraktekkan oleh siswi Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) I Pekanbaru Kamis (29/8).

“Apresiasi saya berikan kepada Program Pintar dan semua pihak yang telah bekerjasama dengan Pintar sehingga mampu memberikan banyak manfaat kepada sekolah,” ungkap Walikota.

Khusus kepada kepala sekolah, Firdaus mengatakan bahwa kalau daerah ingin maju maka pimpinan daerahnya harus maju, bila sekolah ingin maju maka kepala sekolahnya dulu yang harus cerdas, maju, pintar dan memiliki inovasi.

Walikota juga berpesan agar hal-hal baik yang telah dihasilkan harus ditindaklanjuti dalam bentuk literasi. “Budaya literasi di sekolah harus terus menerus dipupuk seperti yang di sampaikan oleh Pak Stuart tadi, baca, laksanakan lalu tulis. Baca lagi, laksanakan lagi, lalu tulis lagi. Hal tersebut dapat memperkuat dan menghasilkan karya-karya ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Wakil Rektor III UIN Suska Riau, Drs. Promadi, MA, Ph.D foto bersama setelah meninjau Stand MIN 3 Pekanbaru
Wakil Rektor III UIN Suska Riau, Drs. Promadi, MA, Ph.D foto bersama setelah meninjau Stand MIN 3 Pekanbaru

Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, Stuart Weston juga memberikan apresiasi kepada semua pihak. “Apresiasi saya berikan kepada semua pihak, baik Walikota, Rektor dari LPTK, Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama, Sekolah dan Madrasah mitra serta semua fasilitator yang telah berusaha keras dan bersemangat meningkatkan kualitas pembelajaran, budaya baca, dan manajemen sekolah di Kota Pekanbaru pada khususnya,” kata Stuart Weston.

Menimpali Stuart Weston, wakil Rektor III UIN Suska Riau Drs. Promadi, MA, Ph.D menegaskan bahwa kerjasama dengan Tanoto Foundation ini yang melibatkan dunia akademik, industri dan pemerintahan sangat bermanfaat dalam akselarasi pembangunan pendidikan anak bangsa.  Seiring dengan kerjasama tersebut LPTK UIN Suska Riau yakni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menunjukkan keseriusan  keikuitsertaannya dalam mensukseskan Program Pintar. “Saya senang melihat hasil karya pembelajaran yang di pamerkan dalam pemeran ini, termasuk hasil karya pembelajaran yang dilaksanakan di FTK UIN Suska Riau yang dimbimbing oleh dosen terlatih dalam program ini.” Ujarnya lagi. Program Pintar Tanoto Fondation semakin memperkuat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dalam usaha menghasilkan calon guru  kreatif inovatif  yang bersinergi  langsung dengan sekolah. Melalui kerjasama ini insyaAllah mutu calo guru lulusan FTK UIN Suska Riau semakin meningkat dan diminati masyarakat.  Diharapkan kedepan semakin banyak dunia industri yang mengikuti jejak Tanoto Foundation dalam memacu perofesionalisme dan kualitas pendidikan”, pungkasnya.

Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, Stuart Weston dan tim Pameran di depan stand FTK UIN Suska Riau
Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, Stuart Weston dan tim Pameran di depan stand FTK UIN Suska Riau

Unjuk Karya ini dilakukan sebagai bagian dari siklus pelatihan dan pendampingan program kepada Mitra Pintar. Setelah setahun berjalannya program, sekolah dan madrasah mitra yang awalnya telah didampingi dan dilatih telah memiliki banyak praktik Baik dalam pembelajaran, manajemen berbasis sekolah dan budaya baca yang perlu disebarluaskan kepada pemangku kepentingan dan masyarakat pendidik di Kota Pekanbaru. Pendampingan yang dilaksanakan secara terus menerus dirasakan mulai menampakkan pengaruhnya dalam proses pembelajaran, budaya baca termasuk dukungan manajemen sekolah, sehingga perlu diinformasikan secara terbuka pada masyarakat pendidikan  di Pekanbaru.

Pameran ini juga didedikasikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Pekanbaru yang selaras dengan smart people sebagai salah satu pilar dari program Pekanbaru Smart City Madani. Terungkap dalam talkhshow  yang menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan kota Pekanbaru, H. Abd Jamal, M.Pd., Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Pekanbaru, Drs. H.Edwar, S. Umar, M.Ag dan Kadis Kominfo, Eka Firmansyah, ST bahwa Program Pintar ini dipastikan menjadi bagian penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan  menuju smart people. Apa yang ditampilkan dalam pameran pendidikan  Tanoto Foundation ini tidak membutuhkan biaya yang sangat besar. Semuanara sumber tersebut  menepis bahwa untuk berkreasi dan inovasi tidak selamanya mesti mengandalkan biaya tinggi. “Untuk lingkungan madrasah di Pekanbaru, sudah banyak  madrasah yang memiliki reputasi sains Nasional” ungkap  Kepala Kantor Kemenag Kota Pekanbaru.

Dalam Talkshow yang dipandu oleh Fasilitator Dosen UIN Suska Riau, Dr. Sukma Erni, Kadisdik Kota Pekanbaru memaparkan dukungan penuhnya atas Program Pintar
Dalam Talkshow yang dipandu oleh Fasilitator Dosen UIN Suska Riau, Dr. Sukma Erni, Kadisdik Kota Pekanbaru memaparkan dukungan penuhnya atas Program Pintar

Selain filteriasi air oleh MIN 1 Pekanbaru, hasil karya pembelajaran yang dipraktikkan langsung oleh siswa   SMP/MTs, adalah cara membuat VCO dengan bioteknologi sederhana dengan menggunakan bakteri bebas yang terdapat di alam dan yang melekat di tangan serta benda-benda disekitar manusia. Dengan cara mudah, murah dan ilmiah ini, siswi SMP 3 mampu menunjukkan kesederhaan proses yang dapat dibuat sendiri tanpa melalui proses rumit laboratorium.

Selain demo yang berada di panggung, disetiap stand pameran juga telah disajikan berbagai demonstrasi menarik, inovatif dan merupakan solusi bagi pembelajaran yang monoton. Selain media, juga terdapat ratusan Praktik Baik yang telah dihasilkan dan dipamerkan untuk diambil manfaatnya oleh pengunjung.

Sejumlah sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan pameran yaitu SDN 6 Pekanbaru, SDN 8 Pekanbaru, SDN 9 Pekanbaru, SDN 15 Pekanbaru, SDN 25 Pekanbaru, SDN 55 Pekanbaru, SDN 106 Pekanbaru, SDN 153 Pekanbaru, MIN 1 Pekanbaru, MIN 2 Pekanbaru, MIN 3 Pekanbaru, MI Muhammadiyah 01 Pekanbaru, SMPN 3 Pekanbaru, SMPN 8 Pekanbaru, SMPN 12 Pekanbaru, SMPN 15 Pekanbaru, SMPN 36 Pekanbaru, SMP Da’wah Pekanbaru,  MTsN 2 Pekanbaru, MTsN 3 Pekanbaru, Sekolah Diseminasi (SD & SMP Islam Riau Global Terpadu Pekanbaru), Sekolah Mitra LPTK – SD, Sekolah Mitra LPTK – MI, Sekolah Mitra LPTK – SMP, Sekolah Mitra LPTK – MTs, Mitra LPTK – Universitas Riau, Mitra LPTK – UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Pameran ini dihadiri oleh sejumlah tokoh di Pekanbaru seperti Dr Jasfar Jas, M.Pd, wakil Dekan II FKIP Universitas Negeri Riau, Drs. Promadi, MA, Ph.D, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau,  Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, Kasi Kelembagaan Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Provinsi Riau, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kantor Kemenag Kota Pekanbaru, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Humas dan Protokoler serta OPD lain di Kota Pekanbaru.

Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen ini merasa yakin bahwa setiap individu harus mempunyai kesempatan untuk mewujudkan potensinya secara penuh. Mereka percaya bahwa pendidikan berkualitas mampu mempercepat kesetaraan peluang. Mereka memanfaatkan kekuatan transformatif pendidikan untuk membantu masyarakat agar bisa mewujudkan potensi dan memperbaiki taraf hidupnya.

About aini khalidah

Check Also

Rektor UIN Suska Riau saat Melantik Ketua SEMA, DEMA, UKK dan UKM terpilih

Rektor Lantik Ketua Sema dan Dema serta Ketua UKK dan UKM UIN Suska Riau Masa Bakti 2019-2020

uin-suska.ac.id   Senin pagi (3/9/2019) Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, Prof. …