Home / Berita Utama / Zikir dan Tabligh Akbar Dalam Rangka Milad IAIN/ UIN Sultan Syarif Kasim Riau Ke-49
IMG_3421

Zikir dan Tabligh Akbar Dalam Rangka Milad IAIN/ UIN Sultan Syarif Kasim Riau Ke-49

uin-suska.ac.id      Sempena Milad ke-49 Tahun IAIN/ UIN Sultan Syarif Kasim Riau, digelar kegiatan Zikir dan Tabligh Akbar di Masjid Aljami’ah UIN Suska Riau, Senin pagi (09/09/2019). Kegiatan yang diikuti ribuan civitas academica ini mendatangkan penceramah Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin, MA dari UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta.

Tiga Mahasiswa, Para Qori Terbaik dari UIN Suska Riau
Tiga Mahasiswa, Para Qori Terbaik dari UIN Suska Riau

Acara dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh tiga Qori berprestasi dari UIN Suska Riau yaitu Azwan, Mahasiswa fakultas Dakwah dan Komunikasi, Terbaik III MTQ Pionir 2019 di Malang, Sabri Fazil, Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum, Terbaik III MTQ Pionir 2017 di Aceh dan Abdurrahman, Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum, Terbaik III MTQ Provinsi Riau 2017.  Acara kemudian dilanjutkan dengan Sholat Dhuha Berjemaah dan dilanjutkan dengan sujud Syukur yang dipimpin oleh Dr. Heri Sunandar, M.Cl

IMG_3394

Pelaksanaan Sholat Dhuha berjemaah dan Sujud Syukur Memperingati Milad UIN Suska Riau Ke-49
Pelaksanaan Sholat Dhuha berjemaah dan Sujud Syukur Memperingati Milad UIN Suska Riau Ke-49

Acara kemudian dilanjutkan dengan Istighotsah dan Zikir Akbar yang dipimpin langsung oleh Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag, M. Ag. Istighotsah  sendiri berarti meminta pertolongan kepada Allah Swt melalui zikir dan do’a-do’a yang dipanjatkan. Dalam Kesempatan ini Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag, M. Ag sekaligus mendo’akan kesuksesan, keselamatan dan kebahagian seluruh sivitas akademika dan para mantan  baik yang masih ada juga yang telah mendahului

IMG_3416 IMG_3421

“Kegiatan ini perlu diprogramkan kedepannya. Selain itu bisa juga kegiatan zikir ini juga kita laksanakan setiap Jum’at pagi diwaktu kegiatan kajian rutin kita. Perkuliahan jum’at pagi ditiadakan, kita ganti dengan kegiatan seperti ini untuk mengisi rohani kita,” jelas Rektor dalam sambutannya

IMG_3498 IMG_3461 IMG_3343

Penceramah, Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin, MA dalam ceramahnya menjelaskan tentang fungsi agama secara prinsipail. Menurut Wakil Rektor II UIN Sunankalijaga ini, Berdasarkan Al-qur’an dan hadist fungsi agama paling tidak ada empat. Pertama, Islam sebagai hidayah. Petunjuk bagi seluruh ummat Islam. Islam sebagai way of life, mengajarkan kita berkahlakul karimah, baik hablumminallah maupun hablumminannas.  “Dari surat Al-Fatihah sampai Annas pasti mengandung hidayah, petunjuk, dan tuntunan hidup bagi kita,” ujar Ketua Forum Wakil Rektor II ini.

Dr. Phil. Sahiron, MA Penceramah dalam Kegiatan Tabligh Akbar dari UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta
Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin, MA Penceramah dalam Kegiatan Tabligh Akbar dari UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta

Kedua, Fungsi agama adalah menjadi jalan untuk mendapatkan kebahagian baik di dunia maupun di akhirat. “Apapun yang ada di Al-Qur’an dan hadist tujuannya adalah agar manusia bisa mendapatkan kebahagiaan. Ketiga, agama mendidik kita supaya bersikap moderat. Dalam beragama kita harus memiliki pemahaman yang moderat. “Di dalam surat Al-Fatihah ada kata-kata Tunjukkanlah kami jalan yang benar. Bukankah kami sudah Islam, sudah beriman. Jadi jalan apa yang dimaksud? Itulah alan yang lurus, jalan yang ditengah antara ekstirm kiri dan kanan.” Jelasnya.

IMG_3370 IMG_3341 IMG_3443

Keempat, agama sebagai pemersatu ummat. “Sejarah piagam Madinah yang fungsinya mempersatukan bangsa itu hamper sama dengan Indonesia. Untuk Indonesia, perjanjian bersama yang mempersatukan bangsa adalah Pancasila. Mempertahankankan kesatuan bangsa Indonesia adalah sama intinya dengan mempertahankan piagam Madinah.” Tegas lulusan dari Kanada dan Jerman ini.

IMG_3481

Di akhir ceramahnya beliau mengajak agar kita dapat dapat hidup bersama, bersatu membangun UIN Suska, bekerja bersama, saling membantu, saling menghormati untuk kemajuan UIN suska dan Indonesia. “Agama harus menjadi jalan pemersatu bangsa jangan sampai menjadi pemecah bangsa,” pungkasnya.

IMG_3500

IMG_3441

IMG_3342

About aini khalidah

Check Also

Rektor UIN Suska Riau saat Melantik Ketua SEMA, DEMA, UKK dan UKM terpilih

Rektor Lantik Ketua Sema dan Dema serta Ketua UKK dan UKM UIN Suska Riau Masa Bakti 2019-2020

uin-suska.ac.id   Senin pagi (3/9/2019) Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, Prof. …