Home / Berita Utama / Rapat Kerja Organisasi Kemahasiswaan UIN Suska Riau: Satukan Visi Sema, Dema dan Ormawa
IMG_3862

Rapat Kerja Organisasi Kemahasiswaan UIN Suska Riau: Satukan Visi Sema, Dema dan Ormawa

uin-suska.ac.id       Selama tiga hari (11-13/09/2019) Pengurus Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Mahasiswa (Dema) dan Organisasi Kemahasiswan (Ormawa) yang ada di UIN Suska Riau mengikuti kegiatan Rapat Kerja Organisasi Kemahasiswaan UIN Suska Riau di Hotel Rindu Sempadan, Kabupaten Siak. Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor III UIN Suska Riau, Drs. Promadi, MA, Ph. D ini diikuti oleh 84 orang peserta.

Kegiatan ini dilakukan untuk menyamakan visi dan misi antar Sema, Dema dan Ormawa yang ada di UIN Suska Riau. Selain itu kegiatan ini dinilai perlu dilakukan agar organisasi kemahasiswaan mempunyai panduan berupa program kerja yang disusun dengan baik, terencana dan terukur. Salah satu harapannya adalah dengan kegiatan ini, akan tersusun program kerja yang mengarah pada peningkatan prestasi akademik dan prestasi mahasiswa sesuai dengan bidang yang dikelola oleh masing-masing Ormawa. “Kita berharap prestasi mahasiswa bisa meningkat dengan program kegiatan yang terencana dengan baik. Sebelumnya tanpa persiapan seperti ini dalam kegiatan Pionir kita bisa menduduki posisi ke IV, kalau programnya sudah tersusun dengan baik, kita yakin bisa meraih juara I,” tegas Wakil Rektor III.

IMG_3879

Sejumlah narasumber penting dihadirkan dalam kegiatan ini, baik dari dalam lingkungan kampus, juga dari luar termasuk dari Kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI), selain itu Wakil Dekan III bidang Kemahasisswaan dan Kerjasama juga terlibat langsung dalam kegiatan ini. “Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, pengurus organisasi kemahasiswaan ini akan diberi pengetahuan dan pemahaman mengenai pengelolaan organisasi kemahasiswaan dari narasumber-narasumber yang berkompeten. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan membawa perbaikan dalam penyusunan program kerja organisasi mahasiswa kedepan,” Jelas Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, M. Nasir, S. Ag dalam sesi wawancara.

Wakil Rektor III, Kepala Biro AUPK dan Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni
Wakil Rektor III, Kepala Biro AUPK dan Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni

Salah seorang Narasumber dihari pertama adalah Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK), Dr. H. Ahmad Supardi, MA. Dalam pemaparannya Ia menjelaskan tentang Perencanaan melalui  Al-qur’an dan Hadist.  Di dalam surat Al- Hasyir ayat 18 yang terjemahannya berbunyi “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.  Ayat ini substansinya adalah tentang pentingnya perencanaan, namun yang terpenting perintah ini diapit oleh dua perintah untuk bertakwa kepada Allah. “Hal ini berarti dalam ajaran Islam, perencanaan kedepan adalah hal yang sangat dibutuhkan, sangat substantif. Bukan hanya berbicara tentang kepentingan duniawi tapi juga ukhrowi (masa depan di akhirat kelak). Begitu luar biasanya agama kita ini,” Jelas Kepala Biro AUPK.

IMG_3891 IMG_3868

Melalui Hadist, Kepala Biro AUPK menjelaskan tentang orang-orang yang lebih baik hari ini dari kemaren disebut orang yang beruntung, , kalau sama dengan kemaren disebut sia-sia, sedangkan kalau lebih jelek dari yang kemaren disebut orang yang celaka. “Jika adik-adik Sema, Dema yang sekarang lebih baik dari Sema dan Dema yang lalu maka adik-adik termasuk orang yang beruntung. Oleh karena itu, hari ini hingga tiga hari kedepan anda diberi orientasi untuk menambah ilmu pengetauan, menyamakan visi dan misi, manfaatkanlah dengan baik!” Tegas Beliau.

IMG_3854 IMG_3860

Target dari kegiatan ini adalah Sema, Dema dan Ormawa harus bisa menyusun program kerja untuk empat bulan kedepan ditambah enam bulan lagi ditahun 2020 di akhir masa bakti. Hal ini sesuai dengan ilmu manajemen modern (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling) program ini harus bisa dilaksanakan, outputnya jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Materi mengenai laporan pertanggungjawaban kegiatanpun diberikan dalam kegiatan ini.

Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Zaitun, M. Ag
Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Zaitun, M. Ag

 

Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin, Dr. H. M. Ridwan Hasbi, Lc., MA memberikan pengarahan kepada peserta
Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin, Dr. H. M. Ridwan Hasbi, Lc., MA memberikan pengarahan kepada peserta

 

IMG_3865

About aini khalidah

Check Also

18

Penanaman Pohon Produktif Sempena Hari Pahlawan

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau menggelar Upacara memperingati Hari Pahlawan …