Home / Berita Utama / 1600 Wisudawan UIN Suska Riau Dilepas Dalam Sidang Senat Terbuka Universitas
IMG_6690

1600 Wisudawan UIN Suska Riau Dilepas Dalam Sidang Senat Terbuka Universitas

Rektor, Wakil Gubernur dan Anggota Senat Memasuki Ruang Acara
Rektor, Wakil Gubernur dan Anggota Senat Memasuki Ruang Acara

uin-suska.ac.id      Sidang Senat Terbuka Universitas dalam rangka pelaksanaan Wisuda UIN Suska Riau di bulan September 2019 dilaksanakan dalam dua periode. Periode pertama dilaksanakan pada Rabu (25/9/2019) dan Periode kedua, Kamis (26/9/2019). Periode pertama dan kedua masing-masing mewisuda sebanyak 800 wisudawan, sehingga dalam dua hari pelaksanaan wisuda 1600 wisudawan dilepas oleh UIN Suska Riau.

IMG_6742

IMG_6717

Sidang Senat Terbuka Universitas dalam rangka Wisuda Program Magister ke-53, Program Sarjana dan Diploma ke-73, Periode I, Tahun Akademik 2019-2020 diisi dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M. Si. Gubernur Syamsuar mengatakan seorang Wisudawan/wisudawati harus mampu mempertanggungjawabkan dan mengaplikasikan ilmu yang didapat sehingga berguna bagi bangsa dan agama.

gubri

“Harus menjadi insan yang berguna, serta dapat memanfaatkan ilmu yang didapat untuk diri sendiri dan masyarakat luas. Dan dapat juga mengaplikasikan ilmunya dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Sambung Gubri, lulusan perguruan tinggi juga harus mampu mempersiapkan diri masing-masing dalam menghadapi dunia kerja/industri.

“Saat ini revolusi industri telah menjadi bagian dari masyarakat Riau. Untuk itu, generasi muda Riau harus mampu mengikuti arus kemajuan industri, baik itu skala nasional maupun skala pada level internasional,” ujarnya.

“Maka dari itu, Riau terkhususnya harus mampu mempersiapkan lulusan universitas dan generasi mudanya, supaya tangguh dan mempunyai daya saing tinggi. Sehingga ke depannya lulusan perguruan tinggi Riau dapat terpakai dimanapun berada,” tutupnya.

Sidang senat terbuka periode II Wisuda Program Doktor ke-24, Program Magister Ke 54, Program Sarjana (S1) dan diploma Tiga (D3) Ke-74 Tahun Akademik 2019/2020 mewisuda sebanyak 800 wisudawan/wati dari 8 Fakultas dan Program Pascasarjana. Dalam acara ini orasi ilmiah diisi oleh Wakil Gubernur Riau, H. Edy Nasution. Wakil Gubernur mengatakan untuk mencapai visi misi pemerintah provinsi Riau diperlukan sebuah langkah kongkrit yang dirumuskan dalam program yang jelas. Beberapa program diantaranya adalah pendidikan yang berkualitas. Caranya dengan meningkatkan kualitas guru, memberikan insentif guru, memberikan beasiswa S1, S2 dan S3 untuk di dalam maupun luar negeri.

Wakil Gubernur Riau, H. Edy Nasution
Wakil Gubernur Riau, H. Edy Nasution

“Kita akan laksanakan bertahap, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Selain berasal dari APBD, juga kita siapkan dana Dekonsentrasi yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” jelasnya.

Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag, M. Ag dalam sambutannya memaparkan mengenai program peningkatan kualitas yang terus digesa pelaksanaannya sesuai dengan cita-cita yakni menjadi pilihan utama tingkat dunia.” Tahun ini kita akan berusaha mendapatkan akreditasi A untuk institusi, bila sudah berakreditasi A (Unggul), itu berarti kita sudah berdaya saing internasional”. Ujar Rektor.

Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Akhmad Mujahidin, S. Ag., M. Ag
Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Akhmad Mujahidin, S. Ag., M. Ag

Selain itu Rektor juga baru saja menerima sertifikat dari International Organization for Standardization (ISO) 9000:2015 yang menyatakan bahwa UIN Suska Riau ini sudah memiliki sistem manajemen mutu internasional.

“Ini adalah rahmat dan hadiah bagi wisudawan dan standar ini akan dicantumkan dalam sertifikat wisudawan. Oleh karena itu marilah kita tingkatkan prestasi dan kekompakan, kita ciptakan kedamaian untuk mencapai keselamatan dunia dan akhirat,” ujar Rektor.

IMG_6827

IMG_6720

IMG_6726

Dalam Pelaksanaan Wisuda kali ini ikut diwisuda Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) UIN Suska Riau, Dr. H. Ahmad Supardi, MA, dan Sekretaris Kopertais Wilayah XII Riau- Kepri, Dr. Miftahuddin, M. Ag. Keduanya merupakan wisudawan dari Program Studi Hukum Keluarga, Program Pascasarjana UIN Suska Riau.

IMG_6822 IMG_6821

ahmad supardi ahmad supadi 1

IMG_6531

IMG_6774

About aini khalidah

Check Also

Foto Bersama PS UIN Suska Dengan Kepala Biro AUPK dan Kabag Kemahasiswaan dan Alumni

Kepala Biro AUPK Antusias Sambut Pemain PS UIN Suska

uin-suska.ac.id  Setelah meraih juara III dalam PTKN Football Championship 2019 di Jember pada 21-28 November lalu, …