Home / Berita Utama / Seminar Perpustakaan dan Muswil 2 APPTIS Sumatera
WhatsApp Image 2019-10-04 at 15.59.32

Seminar Perpustakaan dan Muswil 2 APPTIS Sumatera

uin-suska.ac.id Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau taja Seminar Nasional dan Musyawarah ke 2 Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) Sumatera. Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari ini (3-6/9/2019) meliputi seminar nasional, musyawarah wilayah APPTIS, workshop penulisan karya ilmiah, kunjungan ke Dinas Perpustakaan Provinsi Riau dan city tour.

WhatsApp Image 2019-10-04 at 15.59.34

IMG_7265
Peserta Seminar dan Workshop Perpustakaan

IMG_7267
Acara Pembukaan yang dilaksanakan Auditorium lantai 5 gedung rektorat UIN Suska Riau ini dihadiri oleh Ketua APPTIS Indonesia, Dra. Labibah Zain, M.Lis, Ketua APPTIS Sumatera , M. Tawaf , Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Kepala Perpustakaan PTKIN, Kepala Biro AUPK, Kepala Perpustakaan UIN Suska Riau, Hj. Rasdanelis, S.Ag., SS., M.Hum, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Salfen Hasri, M.Pd, anggota APPTIS Sumatera dan Pustakawan utusan PTKIN dan PTKIS se-Sumatera.

WhatsApp Image 2019-10-04 at 15.59.32    IMG_7173

Menurut ketua panitia, Hj. Rasdanelis, S.Ag., SS., M.Hum, seminar nasional dihadiri lebih dari 150 peserta yang berasal dari PTKIN dan Perguruan Tinggi dari kementerian lain, serta anggota dari beberapa asosiasi perpustakaan perguruan tinggi.

IMG_7216

Hj. Rasdanelis, S.Ag., SS., M.Hum

Dra. Labibah Zain, M.Lis dalam sambutannya mengungkapkan bahwa paradigma perpustakaan perguran tinggi saat ini sudah berubah, perpustakaan tidak hanya sebagai pendukung tercapainya Tri Dharma perguruan tinggi tapi perpustakaan adalah bagian integral dari perguruan tinggi.
Selain itu Labibah juga menjelaskan tentang sejarah singkat APPTIS dan program kerja yang telah dilaksanakan APPTIS.

IMG_7231
Dra. Labibah Zain, M.Lis

Di akhir sambutannya, Beliau mengucapkan terima kasih kepada APPTIS Sumatera. “saya sebagai ketua APPTIS Pusat mengucapkan terima kasih atas dukungan APPTIS Sumatera dan berharap agar teman-teman APPTIS Sumatera terus mengispirasi, bukan hanya dikalangan perguruan tinggi Islam saja, tapi juga perpustakaan yang menjadi tetangga di wilayahnya. Terakhir, selamat bermuswil APPTIS Sumatera dan semoga semakin jaya”. Ungkapnya.

Acara ini dibuka langsung oleh Kuasa Rektor UIN Suska Riau, Dr. Syaifudin, S.Ag., M.Ag., Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. “Atas nama pimpinan universitas, kami mengucapkan selamat datang kepada Ketua APPTIS Indonesia, Ketua APPTIS Sumatera, para narasumber dan Praktisi perpustakaan di UIN Suska Riau,” Ungkapnya.

IMG_7260
Kuasa Rektor UIN Suska Riau ,Dr. Syaifudin, S.Ag., M.Ag.,

Beliau juga berharap dengan adanya kegiatan ini akan lahir ide-ide cemerlang terkait pengembangan keilmuan perpustakaan sehingga akan mengembalikan fungsi perpustakaan sebagai elemen utama perguruan tinggi, sebagai jantung Universitas.
Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan seminar nasional bertemakan :”Perpustakaan Sebagai Mitra Riset” dengan narasumber Agus Rifai, S.Ag., MA, P.hD, Pustakawan UIN Syahid Hidayatullah Jakarta, Dr. Wiji Suwarno, S.Ag., M.Hum, Kepala Perpustakaan IAIN Salatiga dan Prof. Dr. H. Salfen Hasri, M.Pd, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu UIN Suska Riau.

 

 

 

1

 

About nurazmi azmi

Check Also

Foto Bersama PS UIN Suska Dengan Kepala Biro AUPK dan Kabag Kemahasiswaan dan Alumni

Kepala Biro AUPK Antusias Sambut Pemain PS UIN Suska

uin-suska.ac.id  Setelah meraih juara III dalam PTKN Football Championship 2019 di Jember pada 21-28 November lalu, …