Home / Berita Utama / Amirah Diniaty, Dosen Psikologi UIN Suska Riau menjadi Chair dalam Sesi Panel AICIS 19th, 2019
Kelima Orang Peneliti dalam Parallel Session 3 AICIS 19th, 2019
Kelima Orang Peneliti dalam Parallel Session 3 AICIS 19th, 2019

Amirah Diniaty, Dosen Psikologi UIN Suska Riau menjadi Chair dalam Sesi Panel AICIS 19th, 2019

uin-suska.ac.id     Era digital berbasis internet tidak dapat dihindari dalam kebutuhan kehidupan manusia saat ini, sehingga generasi milenial muslim dikategorikan sebagai generasi “gadget”. Hampir 80% dari mereka mengakses internet dalam aktivitas sehari-hari. Penggunaan internet untuk anak-anak muda Muslim bagaikan pedang tajam yang dapat memberikan manfaat jika digunakan secara tepat. Sebaliknya juga dapat “membunuh” mentalitas spiritual jika disalahgunakan untuk mengakses pornografi, kekerasan game online, cyberbulliying, radikalisme, pembelian online yang konsumtif dan kecanduan media sosial. Maka anak-anak muda yang sangat rentan secara psikologis ini dipengaruhi secara emosional dan mereka mudah dirusak, sebagai bukti dari tingkat kematian yang lebih tinggi

Permasalahan inilah yang diangkat oleh lima orang peneliti dalam sesi Panel Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS 19th ) 2019 dengan tema Internet Syndrom: Killing or Reviving The Millenial Muslim Generations in the Digital 4.0 Era, Kamis (03/10/2019) di ruang Tamansari 2 Hotel Mercure Jakarta Batavia. Kelima orang panelis ini yaitu Chair, Amirah Diniaty (UIN Sultan Syarif Kasim Riau), Amalia Madihie (Universitas Malaya Serawak), Saidna Zulfiqar Bin Tahir (Universitas Iqra Buru, Maluku), Anggi Afriansyah (P2 Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)) dan Zulfan Saam (Universitas Riau).

WhatsApp Image 2019-10-07 at 12.55.20

Kelima panelis ini masing-masing menyampaikan hasil penelitian dihadapan partisipan yang tertarik dengan kajian ini. Amirah Diniaty dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau, mengangkat makalah dengan judul “Do We Have to Worry the Internet Syndrome at The Millenial Muslim Generations in The Digital 4.0 Era”. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sindrom internet pada generasi muda muslim di Pekanbaru dengan responden adalah siswa SD, SMP dan SMA. “Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet pada generasi muda muslim di Pekanbaru mengkhawatirkan, dilihat dari frekuensi dan durasi mereka mengkases internet yang lebih banyak mengakses media sosial untuk mengobrol, berbagi foto atau melihat video.” Jelas dosen di Fakultas Psikologi ini.

WhatsApp Image 2019-10-07 at 12.55.22(1)

WhatsApp Image 2019-10-07 at 12.55.20(1)

Sementara itu Amalia Madihie dari Universitas Malaya Serawak membawakan makalah dengan tema “Relationships between Compulsive Internet Use and Psychological Distress among Undergraduate Counselling Student”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai hubungan antara penggunaan internet kompulsif dan Distress Psikologis.

WhatsApp Image 2019-10-07 at 12.55.21

Secara umum subtema dari panel ini berisi diskusi tentang penggunaan internet secara sehat oleh generasi milenium muslim, dampak psikologisnya, dan upaya untuk menanamkan narasi Islam dalam bentuk digital. Para penulis terdiri dari beberapa peneliti dari berbagai multidisiplin. Perspektif multidisiplin ini akan berkontribusi informasi teoritis dan praktis untuk orang tua, pendidik, dan peneliti secara lebih lanjut. Hasil panel ini akan dipublikasikan di jurnal Internasional terkemuka. ICIS 19th  ditutup pada Kamis (03/10-2019) oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag.

Video Sesi Panel 3 dengan Tema “Internet Syndrome: Killing Or Reviving The Millenial Muslim Generations In The Digital 4.0 Era” dapat dilihat disini :

Dr. Amirah Diniaty as a Presenter on Parallel Session 3 AICIS 19th 2019

dan disini :

https://www.youtube.com/watch?v=tkZhuXhf5Zk&t=11s

 

WhatsApp Image 2019-10-07 at 13.00.05

WhatsApp Image 2019-10-07 at 13.00.04

WhatsApp Image 2019-10-07 at 13.00.00

Beberapa Peserta dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau berfoto dengan Rektor, Prof. Dr. Akhmad Mujahidin, S. Ag., M. Ag
Beberapa Peserta dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau berfoto dengan Rektor, Prof. Dr. Akhmad Mujahidin, S. Ag., M. Ag

 

 

 

 

About aini khalidah

Check Also

Foto Bersama PS UIN Suska Dengan Kepala Biro AUPK dan Kabag Kemahasiswaan dan Alumni

Kepala Biro AUPK Antusias Sambut Pemain PS UIN Suska

uin-suska.ac.id  Setelah meraih juara III dalam PTKN Football Championship 2019 di Jember pada 21-28 November lalu, …