Home / Berita Utama / KULIAH UMUM FSH, DATANGKAN GUBERNUR RIAU SEBAGAI NARASUMBER
1

KULIAH UMUM FSH, DATANGKAN GUBERNUR RIAU SEBAGAI NARASUMBER

uin-suska.ac.id Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SUSKA Riau melaksanakan Kuliah Umum untuk 800 orang mahasiswa baru dan mahasiswa semester III pada Kamis (10/10/2019) di Islamic Center. Tema yang diangkat pada kuliah umum kali ini adalah “Sistem Ekonomi Syariah Menuju Riau Lebih Baik, Tantangan & Peluang Alumni Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau”. Melalui tema ini diharapkan

Kuliah umum dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I (WR1) UIN Suska Riau, Dr. H Suryan A Jamrah., M.A. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur Riau yang telah bersedia hadir dalam kuliah umum ini. Selain itu, WR I juga menyampaikan apresiasinya atas usaha Gubernur menjadikan Bank Riau sebagai Bank Riau Syariah yang merupakan kebanggaan masyarakat Riau. Perubahan Bank Riau menjadi Bank Riau Syariah sangat penting karena masyakarat Riau merupakan masyarakat Melayu yang Islami. Bank Riau Syariah merupakan bank milik Pemerintah Daerah ketiga di Indonesia yang menjadi Bank Syariah Setelah Bank Aceh Syariah dan Bank NTB Syariah.

3

2 10

Sementara itu, Dekan FSH UIN Suska Riau, Dr. Drs. H. Hajar, M.Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa kuliah umum merupakan tradisi akademik yang lazim dilaksanakan di perguruan tinggi untuk memulai perkuliahan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi seluruh mahasiswa baru bahwa alumni FSH merupakan alumni yang berkualitas dan telah berkecimpung diberbagai bidang. “Alumni FSH itu ada di UIN itu sendiri juga di lembaga perekonomian syariah, Selain itu, dalam mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan pasar, dimasa yang akan datang Fakultas Syariah & Hukum akan membuka jurusan baru yakni Akuntansi Syariah dan Pariwisata Syariah.” Ujar beliau.

Antusiasme ditunjukkan oleh para mahasiswa baru dalam mengikuti perkuliahan umum ini. Hal ini ditandai dengan banyaknya mahasiswa baru FSH yang mengikuti kegiatan ini. diharapkan dengan adanya kuliah umum ini dapat membuka wawasan dalam memahami dunia ekonomi dan keuangan syariah yang serba digital.

Bertindak sebagai Narasumber dalam kegiatan ini adalah Gubernur Riau, Syamsuar, M.Si. Ia mengatakan bahwa dalam rangka mendukung perkembangan ekonomi syariah, pemerintah telah membuat Peraturan Presiden  Nomor 91 Tahun 2016 tentang Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

Narasumber dalam paparan materinya menyampaikan bahwa dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia terdiri atas 3 (tiga) poin besar, yaitu “AIR”. “A” yaitu Akselerator, artinya perbankan berkoordinasi dengan berbagai stakeholder dalam rangka mendorong percepatan program ekonomi syariah antara lain Halal Value Chain, formulasi kurikulum ekonomi syariah, dan public campaign di daerah, nasional, dan internasional. “I”  yaitu Inisiator, artinya memprakarsai inovasi program pengembangan ekonomi syariah antara lain pengembangan Islamic Social Finance (Zakat core principal dan Wakaf core principal), pengembangan sistem informasi ZISWAF, pemberdayaan ekonomi pesantren, dan pengembangan model sukuk. “R” yaitu Regulator, artinya merumuskan dan menerbitkan ketentuan sesuai kewenangan perbankan antara lain penerbitan ketentuan PLJPS,  Giro Wajib Minimum (GWM) Syariah, Instrumen Makroprudensial Syariah, dan pengembangan instrumen misalnya PUAS SIMA, Repo Syariah, Hedging Syariah, Sukuk BI, dan NSD Syariah.

6

8 7

“Mengingat ekonomi syariah dan industri halal sudah menjadi isu global, maka perbankan berkewajiban untuk menentukan kebijakan-kebijakan strategis dalam hal merealisasikan program “AIR” tersebut,” Jelasnya.

Gubernur menambahkan, diharapkan kedepan alumni dari Fakultas Syariah juga dapat mengisi posisi Dewan Pengawas Syariah di lembaga perekonomian syariah yang ada di Indonesia, baik itu di perbankan, Badan Usaha Milik Desa juga Koperasi Syariah, karena posisi ini masih cukup langka dan dibutuhkan.

Penulis : Mukhtarsyah, S.HI

5 4 9 11

About muhammad huzaini

Check Also

Foto Bersama Narasumber

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau menggelar seminar nasional teknologi informasi komunikasi dan industri ke-XI (SNTIKI ke 11)

Uin-suska.ac.id      Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN-Suska) Riau kembali menggelar …