Home / Berita Utama / Sempena Hari Santri UIN Suska Riau Gelar Zikir dan Istigasah bersama
2

Sempena Hari Santri UIN Suska Riau Gelar Zikir dan Istigasah bersama

uin.suska@ac.id  Dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober 2019 UIN Suska menyelenggarakan serangkaian kegiatan. Salah satunya Zikir dan Istigasah bersama. Zikir dan Istigasah diikuti oleh seluruh civitas academica UIN Suska Riau mulai dari dosen hingga karyawan. Tema yang diusung dalam kegiatan hari Santri kali ini adalah “ Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia”.

Rangkaian acara Zikir dan Istigasah ini dimulai dengan penyampaian ayat-ayat suci al-Qur’an oleh Sabri Fadil dan Imam Shobirin, SH. Kedua qari ini merupakan kebanggan UIN Suska Riau karena berhasil meraih juara nasional perlombaan MTQ di Provinsi Aceh tahun 2017 dan berhasil meraih juara di mancanegara tahun 2019. Kegiatan Zikir dan Istigasah ini di semarakkan oleh tim Hadroh/ Nasyid Al-Fatah dari UKM Kesenian UIN Suska Riau.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Istigasah dan muhasabah yang di pandu oleh Kiyai Drs. Achmad Ghazali, M.Si, Drs. KH. Zainuddin Umnur serta Drs. Syarifuddin, MA.. Selain menggelar kegiatan zikir dan istigasah, juga digelar tausiyah agama yang mendatangkan narasumber Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, MA. Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

5 4

Dalam tausiyahnya disampaikan bahwa peranan santri dalam kehidupan berbangsa bernegara sangat penting dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan serta kemajemukan di negeri ini. “Sebagaimana kita ketahui bersama, di banyak Negara muslim di dunia sekarang ini sedang mengalami kekacauan dan perang saudara, sedangkan di Indonesia kemajemukan dan persaudaraan diantara sesama ummat muslim dan ummat beragama lainnya tetap terjaga dan tidak terjadi perang saudara, disinilah peranan santri dalam mewujudkan perdamaian di Indonesia dan di dunia internasional itu.” Jelas mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah ini.

Diharapkan dengan kemajemukan serta keberagaman di Indonesia dapat menunjukkan kepada dunia bahwa  Etos Islam itu dapat menunjukkan agama yang moderat, ekonomi modern serta berperadaban maju sehingga tercipta Islam washatiyah yang rahmatan lil alamin.

 

 

Penulis: Mukhtarsyah, S.Hi

Fotografer: Nurazmi

 

1 4 11 10 9 7 6

About aini khalidah

Check Also

Foto Bersama Narasumber

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau menggelar seminar nasional teknologi informasi komunikasi dan industri ke-XI (SNTIKI ke 11)

Uin-suska.ac.id      Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN-Suska) Riau kembali menggelar …