Home / Berita Utama / UIN Suska Riau Laksanakan Upacara Hari Santri 2019
Upacara Peringatan Hari Santri 2019 di UIN Suska Riau
Upacara Peringatan Hari Santri 2019 di UIN Suska Riau

UIN Suska Riau Laksanakan Upacara Hari Santri 2019

15

uin.suska.ac.id    Selasa (22/10/19) civitas academica UIN Suska Riau mengikuti Upacara Peringatan Hari Santri 2019 di lapangan gedung Rektorat. Meneruskan tema tahun 2018, peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag., M. Ag.

Rektor UIN Suska Ria Bertindak sebagai Inspektur Upacara
Rektor UIN Suska Ria Bertindak sebagai Inspektur Upacara

Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian. Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama. Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural. Dengan cara seperti inilah keragaman dapat.

11

10

Dalam sambutan Menteri Agama RI yang dibacakan oleh Inspektur upacara ditetapkannya Hari Santri setiap 22 Oktober merupakan hasil dari Resolusi rapat besar Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Pembacaan Ikrar Santri dan Resolusi Jihad
Pembacaan Ikrar Santri dan Resolusi Jihad

“Sejak Hari Santri ditetapkan pada tahun 2015, kita selalu menyelenggarakan peringatan setiap tahunnya   dengan tema yang berbeda. Secara berurutan pada tahun 2016 mengusung tema “Dari Pesantren untuk Indonesia”, tahun 2017 “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”, dan tahun 2018 “Bersama Santri Damailah Negeri”. Ujar Rektor mengutip sambutan Menteri Agama RI.

5 12

Peringatan Hari Santri Tahun 2019 ini terasa istimewa dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Dengan Undang-Undang tentang Pesantren ini memastikan bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian masyarakat. “Dengan Undang-Undang ini negara hadir untuk memberikan rekognisi, afirmasi, dan fasilitasi kepada pesantren dengan tetap menjaga kekhasan dan kemandiriannya. Dengan Undang-Undang ini pula tamatan pesantren memiliki hak yang sama dengan tamatan lembaga lainnya.” Ujar Rektor.

Pembacaan Do'a Oleh Kepala Pusat Ma'had Al-Jami'ah, Drs. Arwan, M.Ag
Pembacaan Do’a Oleh Kepala Pusat Ma’had Al-Jami’ah, Drs. Arwan, M.Ag

“Selamat Hari Santri 2019, Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Tutup Rektor dalam sambutan yang dibacakannya.

Seusai Upacara Peringatan Hari Santri 2019, digelar acara Zikir Bersama civitas academica UIN Suska Riau di lantai I Gedung Rektorat.

8

2

1

14

17

16

Hadrol Al-Fatah di bawah UKM Seni UIN Suska Riau
Hadrol Al-Fatah di bawah UKM Seni UIN Suska Riau ikut memeriahkan kegiatan Zikir Bersama

Foto : Nur Azmi, S. Si

About aini khalidah

Check Also

Foto Bersama Narasumber

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau menggelar seminar nasional teknologi informasi komunikasi dan industri ke-XI (SNTIKI ke 11)

Uin-suska.ac.id      Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN-Suska) Riau kembali menggelar …