Home / Berita Utama / Pelajari Transformasi IAIN Menjadi UIN, Pemda Tapanuli Utara Kunjungi UIN Suska Riau
20

Pelajari Transformasi IAIN Menjadi UIN, Pemda Tapanuli Utara Kunjungi UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id      Wakil Bupati Tapanuli Utara, Sarlandy Hutabarat, SH beserta tim melakukan kunjungan ke UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau pada Rabu (20/11). Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari keberhasilan UIN Suska Riau bertransformasi dari IAIN menjadi UIN untuk diterapkan di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Tapanuli Utara.  Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Lantai IV Gedung Rektorat. Rombongan disambut oleh Kepala Biro AUPK UIN Suska Riau, Dr. Ahmad Supardi, MA beserta sejumlah Dekan dan Kepala Unit dan Lembaga di UIN Suska Riau

6 7

Sembari menunggu kedatangan Rektor UIN Suska yang sedang dalam perjalanan menuju kampus, Kepala Biro AUPK, Dr. Ahmad Supardi, MA membuka acara dengan menampilkan video profil UIN Suska Riau yang berisi penjelasan mengenai perubahan IAIN menjadi UIN oleh mantan Rektor pada masa itu, Prof. Dr. H. Amir Luthfi.

Wakil Bupati Tapanuli Utara, Sarlandy Hutabarat menyampaikan maksud kedatangannya ke UIN Suska Riau mewakili Bupati Tapanuli Utara adalah untuk mempelajari bagaiamana proses perubahan dan perjuangan IAIN Susqa berubah menjadi UIN Suska Riau. “Pak Bupati dan Saya memiliki keinginan kuat untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Tapanuli Utara. Bagi orang Batak, Pendidikan untuk anak-anak adalah yang utama, anakkon hi do hamoraon di ahu, ini filasafat Batak, bahwa anak adalah harta yang utama maka harus diberikan Pendidikan yang terbaik,” jelas birokrat yang pernah bertugas di Timor-timur ini.

5 15

Hal ini mendapat sambutan positif dari sejumlah hadirin. “Bagus sekali jika keinginan ini didukung langsung oleh pemda setempat, pemda yang bergerak. Tentunya sinergi antara pemda dan perguruan tinggi dibutuhkan untuk mewujudkan keinginan menjadikan IAKN menjadi sebuah universitas.” Ujar Kepala Biro AUPK.

“Ide integrasi Islam dengan sains mungkin bisa juga diterapkan di IAKN nanti jika sudah menjadi universitas. Akan Menjadi ciri khas bahwa semua bidang ilmu yang ada di IAKN terintegrasi dengan ilmu-ilmu keagamaan,” tambah WR III, Drs. Promadi, MA., Ph. D

Dengan adanya kegiatan studi banding ini, diharapkan kedua belah pihak dapat mengembangkan dan meningkatkan mutu Yayasan sebagai pengelola Perguruan Tinggi. Diakhir pertemuan kedua institusi bertukar cinderamata dan berfoto bersama.

Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag., M. Ag, yang berkesempatan hadir apada acara ini menyatakan siap memfasilitasi bila Pemda Tapanuli Utara membutuhkan bantuan baik secara pribadi maupun institusi.

16 13 IMG_0836 4 3

About aini khalidah

Check Also

Foto Bersama Narasumber

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau menggelar seminar nasional teknologi informasi komunikasi dan industri ke-XI (SNTIKI ke 11)

Uin-suska.ac.id      Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN-Suska) Riau kembali menggelar …