Home / Berita Utama / Gotong Royong Gerakan Green Campus Sempena Maulid Nabi dan Hari Pahlawan
Pemilihan Bibit Pohon yang Akan ditanam oleh civitas academica UIN Suska Riau
Pemilihan Bibit Pohon yang Akan ditanam oleh civitas academica UIN Suska Riau

Gotong Royong Gerakan Green Campus Sempena Maulid Nabi dan Hari Pahlawan

uin.suska.ac.id  Bersempena peringatan Maulid Nabi dan Hari Pahlawan, Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag. M. Ag memulai gerakan Green Campus penanaman pohon produktif dengan melaksanakan gotong royong bersama warga kampus, Ahad (10/11/2019). Gotong royong dengan tujuan menggali lubang untuk penanaman pohon ini merupakan rangkaian kegiatan Gerakan Penanaman Pohon Produktif yang rencananya secara resmi akan dicanangkan oleh Menteri Agama pada 14 November mendatang.

IMG_1290

IMG_1283

IMG_1280

Sejak dimulainya himbauan rektor untuk menyumbangkan bibit pohon produktif pada 5 November lalu sudah terkumpul sebanyak lebih kurang 7000 bibit pohon. Jumlah ini masih akan bertambah karena gerakan ini masih terus berjalan hingga 14 November.

IMG_1274

IMG_1297

IMG_1302

Rektor menjelaskan,Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) yang diterapkan di UIN Suska Riau, pendanaannya bersumber dari akademik berupa UKT dan non akademik berupa upaya-upaya produktif yang menghasilkan dana. Cepat atau lambat UIN Suska harus mandiri,  tidak boleh bergantung dari UKT tapi harus mampu menghasilkan dana dari upaya-upaya produktif. “Kegiatan hari ini merupakan salah satunya. Untuk tanah kita tercinta yang ada saat ini banyak ditumbuhi ilalang, hasilnya tidak ada. Sekarang kita tanam dengan tanaman produktif berupa tanaman buah, tapi pohon-pohon lama tetap kita pertahankan. Intinya harus ada perputaran uang, barang dan jasa di kampus ini.” Jelas Rektor.

IMG_1306

IMG_1308

IMG_1305

Selain untuk green campus, dari laporan Menteri Agama, UIN Suska Riau ini sudah menjadi target operasi Kementerian Pertanian. “Tahun 2012 kita ini sudah masuk dalam kawasan penanaman 1 milyar pohon namun sepertinya belum terlalu berhasil. Maka sekarang kita perbaiki cara penanamannya. Dimulai dari penggalian lubang, diberi pupuk fermentasi dan ditanam dengan teknik penanaman yang professional. Dengan Maulid Nabi dan Hari Pahlawan yang selama ini diisi dengan kegiatan ceramah dan upacara sekarang kita wujudkan pengorbanan kita dengan menanam pohon.” Jelas Rektor.

IMG_1310

IMG_1319

IMG_1312

“Akhirnya kepada seluruh pihak, mari kita bersihkan hati, samakan langkah dan fikiran kita. Kedepan UIN Kita ini saya sangat berharap bisa seperti UIN Makassar yang pohonnya sudah besar-besar. Pohon mangganya bisa menghasilkan 200 kilogram sekali panen dari satu pohon. Dibawahnya ada tempat duduk untuk mahasiswa berdiskusi. Mudah-mudahan pohon-pohon ini tumbuh semua,” ujar Rektor.

IMG_1311

WhatsApp Image 2019-11-10 at 10.53.11

WhatsApp Image 2019-11-10 at 10.53.05

Foto Oleh : Robil Alam Nur

About aini khalidah

Check Also

Islah di pondok Patin

Rektor Uin Suska Riau Bapak Prof. Dr. K.H. Ahmad Mujahidin, S.Ag M.Ag mengadakan pertemuan perwakilan …