Home / Berita Utama / Penanaman Pohon Produktif Sempena Hari Pahlawan
18

Penanaman Pohon Produktif Sempena Hari Pahlawan

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau menggelar Upacara memperingati Hari Pahlawan yang ke-74 di Halaman Gedung Rektorat UIN Suska Riau, Senin (11/11/2019).

5

Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin., S.Ag., M. Ag. bertindak sebagai inspektur Upacara. Turut hadir sebagai peserta upacara Wakil Rektor UIN Suska Riau, Para Guru Besar, Dekan, Wakil Dekan, perwakilan dari BNI syariah, dosen, tenaga kependidikan, Dharma Wanita dan perwakilan mahasiswa baru UIN Suska Riau.

3
Ibu Dharma Wanita UIN Suska Riau
IMG_1391
Guru Besar UIN Suska Riau dan Tamu Undangan

        

Pada kesempatan tersebut, Rektor UIN Suska Riau menyampaikan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia untuk peringatan Hari Pahlawan. Dalam sambutannya beliau mengingatkan pentingnya generasi masa kini mengenang jasa para pahlawan. “Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa pada kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari kita”. Imbuhnya.

IMG_1377

11
Dosen dan Tenaga Kependidikan UIN Suska Riau

Sementara itu, Rektor juga menyoroti perkataan Proklamator Bung Karno yang menyebut jika bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. “Peringatan Hari Pahlawan ini kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 adalah Aku Pahlawan Masa Kini, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun yang memperkuat keutuhan NKRI,” paparnya.

8
Paduan Suara UIN Suska Riau

IMG_1447                 14

Sempena peringatan Hari Pahlawan sekaligus Maulid Nabi Muhammad SAW ini juga dilaksanakan gerakan penanaman pohon produktif oleh seluruh warga kampus. Sejak dimulainya himbauan rektor untuk menyumbangkan bibit pohon produktif pada 5 November lalu sudah terkumpul sebanyak lebih dari 7000 bibit pohon. Jumlah ini murni dari hasil sumbangan civitas academica UIN Suska Riau dan masyarakat yang mau ikut peduli, termasuk Gubernur Riau turut menyumbangkan 600 bibit pohon produktif.

18
Penanaman Bibit Pohon oleh Rektor UIN Suska Riau
21
Penanaman bibit oleh Wakil Rektor III UIN Suska Riau
19
Penanaman bibit oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Penanaman Pohon dilaksanakan seusai upacara bendera dengan pengarahan langsung diberikan oleh Rektor. Setiap peserta upacara dipersilakan menanam bibit pohon di lubang-lubang yang sudah digali sehari sebelumnya dalam kegiatan gotong royong massal.
“Saat ini adalah masanya kita mengisi kemerdekaan, mari kita berbuat dan berprestasi di bidang kita masing-masing. Kampus kita ini termasuk kampus pertama yang mencanangkan penghijaun dengan penanaman pohon produktif, tanaman bila ditanam dengan bagus, dikonsumsi oleh orang akan bernilai ibadah bagi kita,” jelas rektor.

IMG_1631                IMG_1713             20

Mantan Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H.M. Nazir yang turut hadir dalam acara ini juga mengungkapkan apresiasi atas kegiatan ini. “Selamat kepada pak rektor dalam rangka mengisi hari pahlawan hari ini secara nyata melaksanakan penanaman pohon produktif. Mari kita jaga almamater ini dengan sebaik-baiknya salah satunya bagaimana kita menciptakan kampus ini sebagai kampus Islami Madani, mulai dari orang-orangnya, cara bergaulnya termasuk bagaimana cara kita menjaga pohon-pohon yang ditanam ini dengan baik dan bernilai manfaat, disedekahkan dan bila berbuah banyak bisa juga kita jual,” tegas Rektor dua periode ini 2005-2010 dan 2010-2014.

16

17

 

About nurazmi azmi

Check Also

Islah di pondok Patin

Rektor Uin Suska Riau Bapak Prof. Dr. K.H. Ahmad Mujahidin, S.Ag M.Ag mengadakan pertemuan perwakilan …