Home / Berita Utama / Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, Sukiyat, S. Ag., M. Ag Raih Gelar Doktor Dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor
IMG_7499

Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, Sukiyat, S. Ag., M. Ag Raih Gelar Doktor Dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor

uin-suska.ac.    Studi Korelasi Motivasi, Kepuasan dan Tanggung Jawab Kerja Dosen PTKIS dengan Kinerjanya di Kopertais Wilayah XII Riau-Kepri, judul inilah yang diangkat oleh Sukiyat, S. Ag., M. Ag dalam Sidang Terbuka, Ujian Promosi Doktor di kampus Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Senin (11/11/2019).

Sebagai pembuka ujian Promovendus menjelaskan mengenai latar belakang dilakukannya penelitian ini yang dilatarbelakangi kondisi di setiap institusi atau lembaga perguruan tinggi yang mengharapkan agar tenaga pendidiknya memberikan produktifitas yang terus meningkat. Dosen merupakan ujung tombak dalam peningkatan kualitas Perguruan Tinggi (PT) karena dosenlah yang berinterksi langsung dengan mahasiswa.

IMG_7490

Berdasarkan pengamatan Promovendus ada 31 PT Swasta di Kopertais dengan 72 prodi dan 365 Dosen. Terdapat PTKIS berakreditasi C dan masih banyak juga Prodi yang berakreditasi B. “Kami melihat seharusnya dengan dosen yang rata-rata bergelar Magister akan meningkatkan peran sertanya terhadap Lembaga, tetapi ternyata antara teori dan kondisi di lapangan tidak sinkron”. Jelas dosen di fakultas Ushuluddin ini. “Karena bila dosen sudah bergelar Magister dan Doktor harusnya bisa membawa dampak positif bagi institusi tapi ternyata masih banyak institusi yang berakreditasi C dan prodi masih banyak juga yang berakreditasi C. jadi antara teori dan kenyataan berbeda sekali. Karena itulah diambil judul disertasi ini.” Jelasnya lagi.

IMG_7431

IMG_7418

Sukiyat diuji dihadapan lima orang Penguji yaitu Prof. Dr. Afrizal, M. MA sebagai Ketua mewakili Rektor yang berhalangan hadir, sekaligus sebagai Penguji II, Penguji I, Prof. Dr. H. Zulfan Saam, MS, Penguji III Dr. H. Abu Anwar, M. Ag, Penguji IV: Prof. Dr. Hairunnas rajab, M. Ag, Penguji V, Dr. H. Zuriatul Khairi, M. Ag., M. Si dan Sekretaris Dr. Hj. Andi Murniati, M. Pd

IMG_7436

Penguji I, Prof. Dr. H. Zulfan Saam, MS, seorang Guru Besar dari Universitas Riau mempertanyakan seputar variabel penelitian terutama mengenai faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja. Secara umum pertanyaan ini dapat dijawab dengan baik oleh Promovendus.

Penguji I, Prof. Dr. H. Zulfan Saam, MS, Guru Besar dari Universitas Riau
Penguji I, Prof. Dr. H. Zulfan Saam, MS, Guru Besar dari Universitas Riau

Sementara Penguji II juga masih menanyakan seputar indikator dari variabel penelitian dan transliterasi. Untuk transliterasi terdapat beberapa catatan yang harus dilakukan perbaikan. Penguji III, Dr. H. Abu Anwar, M. Ag mempertanyakan tentang korelasi keempat variable dan seberapa penting korelasinya. Menurut Promovendus keempat hal ini sangat penting sekali karena dosen adalah figur sentral. “Jika dosen tidak memiliki kinerja yang bagus maka tidak dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang kredibel.” Jelas dosen yang menamatkan tiga strata pendidikannya di UIN Suska ini.

IMG_7438

IMG_7430

Penguji IV, Prof. Dr. Hairunnas Rajab, M. Ag yang merupakan promotor dari promovendus mengharapkan ada novelty yang dihasilkan dari disertasi ini berupa sebuah pedoman bagi PTKIS atau diktis dan dikti tentang apa yang harus dilakukan oleh seorang dosen untuk meningkatkan kinerja. “Inilah pembaharuannya, Pedoman ini harus dibuat ya,” tegas Dekan Fakultas Psikologi ini yang langsung disanggupi oleh promovendus.

IMG_7448

IMG_7428

Penguji V, Dr. H. Zuriatul Khairi, M. Ag., M. Si menanyakan tentang nilai penting kinerja dosen dalam konstelasi Pendidikan nasional. Hal ini dijawab dengan pasti oleh Sukiyat. “ Kinerja dosen akan jadi tolak ukur, bila kinerja dosen buruk, efeknya adalah rendahnya kualitas mahasiswa, bila rendah akan jadi beban masyarakat. Kinerja dosen itu menentukan nasib bangsa ini kedepan.” Tegasnya.

IMG_7458

Kritikan dan masukan yang diberikan oleh penguji, terjawab dengan baik oleh Sukiyat, baik yang terkait dengan sistematika penulisan, metode penelitian maupun secara teori dan keilmuan. Diakhir pembahasan, Penguji I Prof. Dr. Zulfan Saam, MS berpesan agar setelah menyandang gelar Doktor Promovendus menunjukkan perubahan kinerja kearah yang lebih baik. “Kinerja dosen akan diuji dalam keiatan sehari-hari, dengan banyaknya publikasi ilmiah agar bisa menjadi professor. Hendaknya saudara Sukiyat ibarat pohon kelapa, sekali berbuah terus berbuah, jangan seperti pohon pisang, sekali berbuah kemudian tidak muncul lagi,” Pesan beliau.

IMG_7465 IMG_7467 IMG_7470

Promovendus, Sukiyat, S. Ag., M. Ag dinyatakan lulus dengan prediket Amat Baik dengan IPK 3, 79 dan berhak menyandang gelar Doktor. Dr. Sukiyat, S. Ag., M. Ag tercatat sebagai Doktor ke-122 dari UIN Suska Riau.

IMG_7480 IMG_7484 IMG_7502 IMG_7505 IMG_7515

 

 

About aini khalidah

Check Also

Islah di pondok Patin

Rektor Uin Suska Riau Bapak Prof. Dr. K.H. Ahmad Mujahidin, S.Ag M.Ag mengadakan pertemuan perwakilan …