Home / Berita Utama / PENGABDIAN MASYARAKAT MAGISTER PGMI FTK 2019: MENGHADIRKAN CAHAYA DI TEPI SUNGAI KAMPAR
pgmi

PENGABDIAN MASYARAKAT MAGISTER PGMI FTK 2019: MENGHADIRKAN CAHAYA DI TEPI SUNGAI KAMPAR

Mengusung tema “Magister PGMI Membumi: Melalui Kemah Bakti, Kita Tingkatkan Intelektualitas, Silaturahmi, dan Kepekaan Terhadap Masyarakat dalam Bidang Pendidikan, Keagamaan, dan Penataan Lingkungan”, Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat oleh di desa Limau Manis kec. Kampar Kab. Kampar.

Pelepasan Rombongan oleh Dekan FTK
Pelepasan Rombongan oleh Dekan FTK

Kegiata yang dilaksanakan pada Jum’at-Minggu (15-17/2019) ini melibatkan dosen dan mahasiswa PGMI angkatan 2018-2019 juga dihadiri oleh dosen-dosen dari luar Magister PGMI, seperti dari Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Tadris IPA. Hal ini sebagai niat bersama menjalin silaturahmi, memperluas jaringan dan kerjasama.

pgmi 10

Kegiatan ini ditujukan untuk mewujudkan salah satu amanah dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi agenda tahunan dari Magister PGMI, namun tahun 2019 program tersebut memiliki warna dan cerita yang berbeda.

pgmi 5

Beberapa bidang yang menjadi panduan penyelenggara kegiatan, yakni (1) bidang pendidikan, (2) bidang keagamaan, dan (3) kepramukaan. (4) kepemudaan, dan (5) PKK. Bidang-bidang tersebut kemudian dijabarkan ke dalam beberapa item kegiatan. Kegiatan diawali dengan makan bersama masyarakat (Bajambau) dan dilanjutkan Tablig akbar, hari Jum’at Malam di mesjid Nurul Jannah desa Limau Mansi bersama masyarakat setempat sekaligus pembukaan kegiatan pengabdian masyarakat secara resmi oleh dekan FTK, dalam hal ini oleh wakil dekan I, Dr. Alimudin, M.Ag. Tablig Akbar ini membawa ketua Ma’had Al-Jamiah UIN Suska Riau, Drs. H. Arwan Mas’ud, M.Ag sebagai penceramah dan pemimpin doa. Kegiatan di bidang pendidikan, diadakan penyuluhan, penampilan alat peraga pelajaran, dan perlombaan di SDN 006 Limau Manis. Di bidang kepramukaan dan kepemudaan dilaksanakan outbond dan pemutaran film. Selain itu, dilaksanakan tutorial pembuatan beberapa hasil keterampilan untuk masyarakat, khususnya PKK Desa Limau.

pgmi 4

Ada cerita unik selama pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. Untuk pertama kalinya diselenggarakan pengabdian masyarakat yang menyelipkan acara tahsin dan qiyamul lail dalam rangkaian kegiatannya. Acara tahsin dan qiyamul lail tersebut juga dilaksanakan bukan di tempat yang biasa seperti mesjid atau surau, tetapi di pinggir sungai. Tepatnya di tepi Sungai Kampar. Tahsin dan qiyamul lail ini diikuti oleh seluruh pihak yang terlibat, mulai dari panitia, undangan, sampai masyarakat sekitar. Sontak tepi sungai Kampar di Desa Limau Manis ramai oleh lantunan ayat suci Alquran diselingi canda gembira dari para peserta, tepatnya pada Minggu malam (16/11). Tahsin dan qiyamul lai ltersebut menjad program andalan kegiatan bidang keagamaan.

pgmi 8

Dengan diadakannya pengabdian ini, mahasiswa sebagai panitia berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan dan menjadi referensi untuk mahasiswa dan calon mahasiswa Magister PGMI. “Kami sangat bangga sekali karena kegiatan ini dapat membina kami menjadi pemimpin dan guru yang lebih profesional”, ungkap Syahrul selaku perwakilan mahasiswa. “Kegiatan dilakukan bersama dengan seluruh mahasiswa PGMI dalam rangka menghasilkan lulusan yang profesional dan agamis. Kegiatan-kegiatan yang diagendakan oleh Magister PGMI diorientasikan untuk mencerdaskan anak bangsa”, ujar Ketua Jurusan Magister PGMI, Dr. Zubaidah Amir MZ, M.Pd.

 pgmi 9 pgmi 7

Maka ungkapan “menghadirkan cahaya di tepi Sungai Kampar”, tidaklah berlebihan. Cahaya tersebut muncul karena inisiasi dosen-dosen dan para mahasiswa Magister PGMI FTK UIN SUSKA RIAU untuk mewujudkan tanggung jawabnya sebagai insan akademis secara Islami, khususnya di bidang pendidikan dasar dan keagamaan.Lebih luas lagi, karena sejumlah rangkaian kegiatan yang sukses diadakan selama 3 hari itu, sukses membantu masyarakat sekitar, khususnya di sekolah, pemerintah desa, serta di mesjid kebanggaan masyarakat Desa Limau, Kampar.

pgmi 6

pgmi 3

pgmi 2

About aini khalidah

Check Also

Islah di pondok Patin

Rektor Uin Suska Riau Bapak Prof. Dr. K.H. Ahmad Mujahidin, S.Ag M.Ag mengadakan pertemuan perwakilan …