Home / Berita Utama / Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW: Teladan Untuk Kehidupan Sekarang dan Masa Datang
sukron makmum maulid 1

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW: Teladan Untuk Kehidupan Sekarang dan Masa Datang

 

Senin (2/12/2019) dilaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Gedung Islamic Center UIN SUSKA RIAU.  Kegiatan Maulid Nabi kali ini mendatangkan Prof. KH. Syukron Makmun untuk memberikan tausiyah. Beliau merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Darul Rahman Jakarta. Tema dalam peringatan Maulid Nabi kali ini yakni “Dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.AW MariKita Menjadi Uswatun Hasanah (Contoh Terbaik) Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

 

 

Kesimpulan yang dapat diambil dari isi ceramah pengajian para tuan guru dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut adalah, mengajak kita meneladani jejak langkah sunnah Rasulullah yang telah di wariskannya. “Beliau adalah teladan hidup yang menyemai banyak kebaikan dalam rangkaian keindahan hidup. Keteladanan yang akan senantiasa layak diikuti setiap generasi dari semua generasi sekarang maupun yang akan datang,” Tegas Prof. KH. Syukron Makmun. Perjalanan sejarah hidup beliau melalui berbagai fase yang penuh kemandirian dan perjuangan. Semua perjalanannya juga dihiasi dengan keluhuran sikap dan ketinggian budi pekerti.

suma 9   sukron ma 2

Peringatan Mulid sudah menjadi tradisi  bagi kita semua umat Islam di seluruh dunia yang bertujuan untuk memantapkan keyakinan dalam hati kita dan itu sudah di jelaskan dalam hadis nabii. Nabi Muhammad adalah merupakan nabi akhir zaman yang merupakan nabi pertama yang memberikan syafaat kepada umatnya. Oleh itu, kita sebagai umatnya mendapatkan 7 keistimewaan dan keuntungan di bandingkan dengan umat nabi terdahulu. Rasullah SAW dalam sabdanya sudah menjelaskan semua keuntungan tersebut tercakup dalam satu keistimewaan dan keuntungan yang tidak di dapat oleh mereka umat nabi-nabi sebelum beliau.

suma 7

Setiap datang bulan Rabiul Awal, Umat Islam menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Beliau dilahirkan pada 12 Rabiul Awal tahun Gajah, bertepatan dengan tanggal 21 April 571 M. 12 Rabiul Awal sendiri dalam sejarah hidup Nabi Muhammad SAW mempunyai arti penting, sebab selain dilahirkan pada tanggal ini, beliau hijrah dari Makkah Al-Mukarromah ke Madinah Al-Munawwarah dan wafat pada tanggal yang sama.

suma 5

About Mukhtarsyah Mukhtarsyah

Check Also

PS UIN Suska Riau menang WO atas IAIN Kudus

Menang WO Dari IAIN Kudus, PS UIN Suska Riau Melaju Ke Semifinal

uin-suska.ac.id   PS UIN Suska Riau, secara otomatis memenangkan pertandingan lanjutan ke tiga Grup 2 atas …