web analytics

UIN SUSKA RIAU : SEMANGAT BERBENAH AKREDITASI INSTITUSI PERGURUAN TINGGI (AIPT)

uin-suska.ac.id   Untuk mewujudkan  visi, misi rektor  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan untuk melaksanakan pencapaian akreditasi unggul (A) bagi institusi perguruan Tinggi pada tahun 2019 – 2020, maka Lembaga Penjamin Mutu (LPM) mulai menyusun dan mengumpulkan data-data yang dibutuhkan berkaitan dengan akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT). Pada hari jum’at, tanggal 24 Januari 2020, LPM mengadaakan persiapan yang lebih mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai oleh UIN Suska Riau. Namun terlebih dahulu perlu kita mengkaji asal mula pengembangan IAIN yang bertransformasi menjadi UIN.

Berdasarkan penjelasan dari pelaku sejarah yang benar-benar mengetahui seluk beluk transformasi dari IAIN menjadi UIN, pihak LPM menghadirkan beberapa narasumber diantaranya mantan Rektor 2 priode Prof. H.M. Nazir. Beliau sebagai Narasumber memberikan penjelasan mengenai histori sebuah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Berdasarkan penjelasan beliau dapat ditarik kesimpulan diantaranya: pertama, perjuangan perubahan IAIN menjadi UIN yang penuh kontroversi dan pertentangan hingga harus melahirkan SK Gubernur terlebih dahulu. Kedua, Perubahan IAIN menjadi UIN dilatarbelakangi juga dari hasil Konfrensi Dunia Pendidikan Islam di Mekah pada tahun 1977 yang pada intinya untuk menghilangkan dikotomi ilmu islam dengan ilmu umum.

WhatsApp Image 2020-01-26 at 22.33.16 (2)

Selain dua alasan di atas, ada alasan yang lebih spesifik yakni alasan filosofi,  hal ini dipandang sangat fundamental karena esensi perubahan IAIN ke UIN dikaitkan dengan koreksi total terhadap paradigma epistemologis dan paradigma edukasional yang telah berjalan selama ini di dunia pendidikan Islam yang sama sekali tidak Qurani dan Tauhidik dan Prefetik.

Tidak hanya Prof. H.M. Nazir yang menjadi pelaku sejarah, tetapi Dr. Drs. Ahmad Darmawi, M.Ag sekaligus dekan fakultas sains dan teknologi juga  ikut  terlibat lansung dalam  perubahan IAIN menjadi UIN, dan  beliau membenarkan  proses perubahan tersebut.

Sementara Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. KH. Ahmad Mujahidin, S.Ag, M.Ag., memberikan apresiasi kegiatan persiapan Akreditasi ini dengan catatan rencana pengembangan UIN ke depan jangan sampai terlepas dari cita-cita pada pendahulu dan perubahan IAIN menjadi UIN Suska Riau ini.

WhatsApp Image 2020-01-26 at 22.33.17

 Dan untuk pelaksanaan akreditasi kali ini rektor menekankan pentingnya kerjasama seluruh unit terutama dalam mengisi data dan melengkapi data-data yang sangat diperlukan dalam percepatan akreditasi ini….

Sumber : Humas UIN Suska Riau

Penulis : M. Zaini

Editor : Jasnida