Home / Berita Utama / Moderasi Beragama; Umat Rukun Indonesia Maju, Bersihkan Kemenag dari Korupsi
rakornas 2020

Moderasi Beragama; Umat Rukun Indonesia Maju, Bersihkan Kemenag dari Korupsi

uin-suska.ac.id – Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr KH Akhmad Mujahidin, S.Ag, M.A.g, beserta 371 pejabat Kementrian Agama (Kemenag) RI lainnya, hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2020. Acara yang ditaja Kemenag RI di hotel Redtop Jakarta itu, belangsung selama dua hari. Mulai Rabu, 29 Januari hingga Kamis 30 Januari 2020.

Pada acara yang mengusung tema “Moderasi beragama” itu, Menteri Agama Fachrul Razi kembali menegaskan komitmennya untuk membersihkan Kementerian Agama dari praktek-praktek korupsi.

Ditegaskan Menag, pemberantasan korupsi menjadi keharusan di Kementerian Agama untuk menjamin terjadinya perbaikan layanan publik.

Hal ini menurut Menag, harus dicamkan oleh seluruh ASN Kementerian Agama. “Saya tegaskan, kalau Anda menyimpang sedikit saja, tidak perlu sampai KPK tahu. Karena kami yang akan panggil KPK untuk menangkap anda,” tandas Menag.

Disisi lain terkait moderasi beragama, seperti disampaikan Rektor UIN Suska Riau pada Suska News, akan menjadikan Indonesia menjadi damai.

Sebab moderasi beragama, menjadi implementasi Pancasila. Sebagai idiologi bangsa dan negara. Bukan malah kerdilkan orang yang beragama. Sebaliknya bahkan akan teguhkan jiwa dan raga. Karena moderasi beragama intinya, bisa bebas melaksanakan ajaran Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan moderasi beragama, memunculkan sikap hidup yang wasathi. Bukan ekstrim kanan dan kiri. Karena justru kadang yang di tengah-tengah penuh nilai.

Untuk itu Menag menghimbau, bijaksana dan selalu mawas diri. Bukan yang bersikap menangnya sendiri.

Akhmad Mujahidin menyampaikan, rakernas Kemenag RI kali ini, terasa sangat lengkap sekali. Bukan hanya internal yang menghadiri. Tapi juga dari Badan Pembina Idiologi. Merupakan lembaga yang bertanggungjawab dan pelestari Ideologi Pancasila yang dipimpin oleh Ibu Megawati.

Disisi lain Menag juga menyampaikan kebanggaannya. “Saya merasa bangga, saat ini banyak sekali kemajuan yang sudah ada di Kementerian ini, dan harus terus dipertahankan serta dilakukan perbaikan kalau masih kurang. Kita juga harus tegaskan komitmen sekali lagi, bahwa tidak ada hanky panky di Kementerian ini,” tegas Menag Fachrul Razi, Rabu (29/01).***

 

Humas UIN Suska Riau

Sumber: Rakernas 2020

Penulis/Editor: Suardi

 

 

About Jasnida Jasnida

Check Also

IMG_4024

UIN Suska Riau : Bangun Soft Skills Mahasiswa Penerima Beasiswa Bhakti Negeri dengan Outbound

uin-suska.ac.id sebagai bagian dari kelanjutan kegiatan pembinaan dan peningkatan mutu akademik dalam rangka membangun soft …