web analytics

UIN Suska Riau Raih Peringkat Pertama Webometrics di lingkungan PTKIN

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau terus berbenah dalam meningkatkan kualitas layanan informasinya. Salah satunya, melalui situs resminya uin-suska.ac.id.
Ternyata, hal ini mulai menimbulkan dampak positif. Salah satunya dibuktikan dengan naiknya peringkat UIN Suska Riau di perankingan versi Webometrics di awal tahun 2020, dari peringkat ke 3 menjadi peringkat ke-1 di lingkungan PTKIN dan dari peringkat 48 menjadi peringkat ke 44 dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.
Webometrics merupakan lembaga internasional yang melakukan penilaian terhadap perguruan tinggi di seluruh dunia berdasarkan website-nya setiap enam bulan sekali pada bulan Januari dan Juli. Peringkatan Webometrics sendiri dimulai pada tahun 2004 oleh Laboratorium Cybermetric milik The Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC) di Spanyol yang didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi Web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Pendekatan yang mempertimbangkan berbagai kegiatan ilmiah diwakili di situs akademik yang sering diwakilkan dengan penggunaan indikator bibliometrik.
Seperti diungkapkan kepala PTIPD UIN Suska Riau Benny Sukmanegara, ST, MT, Ranking Webometrics UIN Suska Riau saat ini merupakan kerja dari seluruh civitas akademika dalam memproduksi dan mengelola web baik dari sisi volume ataupun konten dan tentu saja akan memberikan image yang positif bagi masyarakat dan seluruh stakeholder. “Bersyukur sekali atas pencapaian Webometrics UIN Suska yang terus meningkat secara konsisten dari tahun ketahun dan tentu ini harus kita tingkatkan lagi”. Pungkasnya.