Home / Berita Utama / Mahasiswa KKN Nusantara 2020 Bentuk Kepengurusan Remaja Masjid Al- Muhajirin Nusa Tenggara Timur (NTT)
masjid NTT

Mahasiswa KKN Nusantara 2020 Bentuk Kepengurusan Remaja Masjid Al- Muhajirin Nusa Tenggara Timur (NTT)

uin-suska.ac.id  Delapan mahasiswa KKN Nusantara 3T 2020 yang ditempatkan di desa Oeteta Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang Nusa tenggara Timur (NTT) membentuk kepengurusan remaja masjid Al-Muhajirin pada Ahad (2/2/20). Menurut sejarahnya, masjid Al-Muhajirin berawal dari sebuah rumah gubuk seluas 6×7 meter persegi yang dibeli oleh salah satu pedagang dari bugis yaitu Samaudin Katu yang diwakafkan untuk tempat ibadah.

Dalam perkembangannya, kepengurusan remaja masjid Al-Muhajirin belum dibentuk hingga tahun 2020, walaupun demikian kegiatan para remaja di masjid Al-Muhajirin tetap ada di setiap pekannya. Melihat sutuasi dan keadaan tersebut timbullah inisiatif dari mahasiswa KKN Nusantara  untuk membentuk struktur dari remaja masjid. Diharapkan dengan pembentukan kepengurusan remaja masjid tersebut, bisa menjadi bahan pembelajaran bagi remaja untuk belajar mengatur sebuah organisasi kecil dan mendorong remaja desa Oeteta lebih aktif dan berani untuk tampil didepan umum.

Pelaksanaan pembentukan remaja masjid diawali dengan acara pembukaan oleh Wirdayanti selaku Master of Ceremony (MC), dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci AL-Qur’an oleh M Fahrurrazi, sambutan dari kodinator KKN  desa Oeteta Nurkholis, sambutan dari Suryadadu, salah satu ustadz yang mengajar di masjid Al-Muhajirin dan sambutan oleh ketua Majlis Taklim ibu Fatimah Geranjang. Terakhir acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh saudara Bagus Abdurrahim.

Usai  acara pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai remaja masjid dan pemilihan remaja masjid yang dipimpin langsung oleh saudari Nissa Afifah. Dari hasil musyawarah yang dilakukan, terbentuklah kepengurusan remaja masjid Al-Muhajirin dengan ketua terpilih saudari Aisyah. Seluruh rangkaian acara ditutup dengan foto bersama antara Ustadz ustadzah, mahasiswa dan remaja masjid Al-Muhajirin.

 

Humas UIN Suska Riau

Penulis : Bambang Irawan, Mahasiswa KKN Nusantara 2020, Jurusan Agroteknologi UIN Suska Riau

Editor : Azmi

About Jasnida Jasnida

Check Also

gedung UIN Suska Riau

Sajak dan Do’a untuk Corona

uin-suska.ac.id – Tiga hari pasca diterbitkannya surat edaran tentang kesiapsiagaan upaya pencegahan Corona Virus Dease …