Home / Berita Utama / TES CPNS UIN SUSKA RIAU : IKUTI CAT DI BKN REGIONAL XII PEKANBARU
1

TES CPNS UIN SUSKA RIAU : IKUTI CAT DI BKN REGIONAL XII PEKANBARU

uin-suska.ac.id proses penerimaan CPNS formasi tahun 2019 dilingkungan Kementerian Agama RI resmi dimulai dengan melakukan tes Computer Assisted Test (CAT). Tes CAT bagi pelamar UIN Suska Riau dimulai sabtu (15/02/2020) dan berakhir Ahad (16/02/2010) yang dilakasanakan di kantor BKN Regional XII Pekanbaru. Untuk sampai pada tahap tes komputerisasi tesebut peserta terlebih dahulu harus melalui beberapa tahap pemeriksaan yang begitu banyak dan ketat. Namun yang sangat menggembirakan peserta bahwa selesai pelaksaan ujian CAT masing-masing peserta bisa tahu langsung nilainya, sehingga mereka bisa memastikan apakah nilainya  masuk dalam passing grade yang sudah ditentukan atau tidak.

IMG_5060 IMG_4870

Pelaksanaan ujian CAT hari sabtu (15/02/2020) untuk UIN Suska Riau masuk pada sesi kedua pada jam 10.00 WIB dan setiap peserta hanya boleh membawa kartu ujian dan KTP. Semua peserta pada masing-masing sesi harus sudah berada di lokasi pelaksanaan ujian CAT minimal satu jam sebelum masuk ruangan ujian. Adapun proses yang harus mereka lalui untuk sampai pada ruang ujian tersebut adalah Pertama Registrasi/Pemeriksaan dan pencocokan kartu ujian dengan KTP (administrasi) Kedua pemeriksaan untuk masuk ruang tunggu Ketiga meletakkan barang bawaan peserta ujian ke dalam loker yang telah disediakan panitia Keempat duduk diruang tunggu sambil menyaksikan tutorial tetang tata cara ujian CAT Kelima masing-masing peserta dipersilahkan mengambil nomor PIN ujian CAT Keenam setelah mendapat nomor PIN peserta diwajibkan mengisi absen Ketujuh mendengarkan pengarahan dari panitia Kedelapan berdo’a bersama untuk kesuksesan pelaksanaan ujian CAT Kesembilan peserta mulai masuk ruang ujian CAT dengan pemeriksaan yang sangat ketat bahkan memakai metal detektor Kesepuluh sesampai dalam ruang ujian CAT peserta dipersilahkan duduk sesuai dengan petunjuk panitia dan pengawas ruangan dari BKN setempat.

IMG_4926 IMG_4880 IMG_4781 IMG_4812 IMG_4895 IMG_5055

Sri Rahayu Widianti sebagai koordinator tes CAT di kantor BKN Regional XII untuk peserta dari UIN Suska Riau mengatakan bahwa pelaksaaan tes khusus pelamar UIN Suska pada setiap sesi sudah kita laksanakan prosesnya sesuai dengan aturan yang ada dan alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik dan mereka juga sudah bisa mengetahui hasilnya secara langsung. Sedangkan waktu yang kita sediakan untuk farmasi umum adalah 90 menit dengan 100 butir soal dan untuk peserta khusus disabilitas disediakan waktu 120 menit dengan 100 butir soal ( jelas Sri )

Kepala bagian kepegawain UIN Suska Riau Drs. H. Darul Khutni dalam penjelasannaya mengatakan bahwa peserta yang mengikuti tes untuk pelamar di UIN Suska Riau berjumlah sebanyak 563 orang dengan pembagian farmasi dosen sebanyak 486 orang, farmasi tendik 75 orang dan 2 orang peserta disabilitas. Sementara kuota yang akan diterima menurut Kabag adalah 44 orang tenaga dosen dan 8 orang tenaga administrasi.

Andri Yanto sebagai  Administrator tes CPNS UIN Suska Riau mengatakan bahwa total berkas yang masuk melalui SSCN sebanyak 814 berkas dan yang lulus administrasi hanya 563 orang  untuk bisa ikut tes CAT sebagai tes SKD dengan dengan  3 (tiga) mapel yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

bagi peserta yang dinyatakan lulus dalam tes CAT ini maka mereka akan dilanjutkan tes SKB dengan 3 materi yakni Psikotes, Wawancara dan Kompetensi.lebih “”(lanjut andri).

Sementara hasil akhir kelulusan tes CPNS ini akan di ambil dari 40% hasil CAT dan 60% SKB, hingga pelaksanaan tes CAT hari kedua semuanya berjalan dengan lancar Dari data yang di dapat hingga sesi terakhir hingga hari kedua bahwa total peserta yang hadir dan mengikuti tes CAT berjumlah 509 orang dan yang tidak hadir sebanyak 54 orang. Selanjutnya peserta mencapai passing grade menunggu hasil keputusan BKN pusat untuk dapat mengikuti tes berikutnya.””””

IMG_4764 IMG_4985

Sumber           : Humas UIN Suska Riau

Penulis            : M. Huzaini

Fotografer       : Robil Alam Nur

Editor               : Jasnida

About Jasnida Jasnida

Check Also

gedung UIN Suska Riau

Sajak dan Do’a untuk Corona

uin-suska.ac.id – Tiga hari pasca diterbitkannya surat edaran tentang kesiapsiagaan upaya pencegahan Corona Virus Dease …