web analytics

UIN SUSKA RIAU : TAJA SOSIALISASI SENSUS PENDUDUK ONLINE 2020 BEKERJASAMA DENGAN BPS PROVINSI RIAU

uin-suska.ac.id Sebagai bentuk keseriusan pemerintah Republik Indonesia dalam melaksanakan sensus penduduk dengan sistem online pada tahun 2020 ini betul-betul mulai menampakkan kinerja. Senin 24/02/2020 melalui Badan Pusat Statisk (BPS) Provinsi Riau melakukan sosialisasi sensus penduduk berbasis online di UIN Suska Riau. Sensus penduduk ini akan bisa memberikan data jumlah komposisi, distribusi juga karakteristik penduduk Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan di lantai V gedung Rektorat UIN Suska Riau ini dihadiri oleh pimpinan serta seluruh pegawai dan staf di lingkungan UIN Suska Riau diantaranya tampak hadir Wakil Rektor III Drs. H. Promadi, MA., Ph.D beserta para pimpinan universitas dan fakultas serta kepala BPS Provinsi Riau Drs. Misfaruddin, M.Si beserta tim.

Promadi yang mewakili Rektor UIN Suska Riau pada kegiatan tesebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim BPS, dan mengajak keluarga besar UIN Suska Riau agar bisa menyimak dan memperhatikan arahan serta sosialisasi yang akan disampaikan oleh tim dari BPS ini mengingat cara sensusnya berbeda dari tahun sebelumnya. Lebih lanjut promadi juga berharap agar kita semua bisa berpartisipasi dalam pengisian sensus penduduk hingga tuntas karena sesungguhnya ini akan menjadi pedoman bagi pemerintah untuk menentukan jumlah sebenarnya penduduk indonesia. Diakhir sambutan Wakil Rektor III ini berharap kepada pihak BPS kedepannya untuk bisa menjalin kerjasama terutama bagi mahasiswa kita untuk melakukan magang atau praktek kerja lapangan.

WhatsApp Image 2020-02-27 at 07.40.54 WhatsApp Image 2020-02-27 at 07.40.56(2)

Sementara itu kepala BPS Provinsi Riau Drs. Misfaruddin, M.Si dalam arahannya menyampaikan beberapa hal pokok diantanya bahwa sensus penduduk 2020 kita memakai sistem kombinasi yang dasarnya kita memakai data dari Dirjen Kependudukan Kementerian dalam Negeri yang datanya kondisi per 30 juni 2019 sehingga harus diupdate secara bersama. Hal ini bertujuan agar semua data kependudukan di indonesia mempunyai tungkat akurat yang sama. Selanjutnya sensus ini kita lakukan secara online agar semua penduduk bisa mengisi kapanpun dan dimanapun dengan membuka situs resminya sensus.bps.go.id. (tegasnya)

Untuk lebih jelas dan mudah memahami cara sensus penduduk online tersebut, maka tim BPS yang diwakili oleh BPS Kota Pekanbaru bapak Ajid Hajiji SST, M. Si dalam paparannya menyampaikan bahwa seluruh penduduk di wajibkan mengisi sensus penduduk tersebut. Masyarakat diminta mengisi data diri secara mandiri dengan mengakses situs web sensus.bps.go.id. dah untuk mengisi data diri, hanya diperlukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) selanjutnya tinggal mengisi berbagai data yang diminta. Sensus Penduduk online ini berlangsung mulai 15 Februari sampai 31 Maret 2020 pukul 23.59 WIB.

WhatsApp Image 2020-02-27 at 07.40.56(3) WhatsApp Image 2020-02-27 at 07.40.57(1) WhatsApp Image 2020-02-27 at 07.40.56(1) WhatsApp Image 2020-02-27 at 07.40.56

Sumber : Humas UIN Suska Riau

Penulis : Huzaini/Indah

Editor    : Kasubag Humas UIN