web analytics

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUSKA RIAU TAJA UJIAN PENGETAHUAN (UP) UJI KOMPETENSI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU (UKMPPG) PRIODE 1 TAHUN 2020

uin-suska.ac.id sebagai lembaga pendidikan tingkat perguruan tinggi Agama Islam di Indonesia, UIN Suska Riau selalu mengambil bagian dalam membangun dan mensukseskan dunia pendidikan terutama untuk para pendidiknya. Hal ini dibuktikan oleh fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau yang pada tahun 2020 ini masih dipercayakan oleh Kementerian Agama dalam melaksanakan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG). Jum’at 28/02/2020 yang lalu panitia lokal UIN Suska Riau mengadakan briefing bersama penyelia dari pusat yakni Bapak Prof. Dr. Supiyana, MA dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk menyaksikan secara langsung aplikasi Ujian Pengetahuan (UP) dan pelaksanakan UKMPPG pada hari sabtunya.

WhatsApp Image 2020-03-04 at 11.21.24 WhatsApp Image 2020-03-04 at 11.21.24(1)

Dekan FTK Dr. Syaifuddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan suatu kehormatan bagi UIN Suska Riau terutama bagi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, sebab tidak semua perguruan Tinggi di bawah naungan kementerian Agama yang mendapat kesempat seperti ini. Oleh sebab itu kami mengaturkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan dan mensukseskan pelaksanaan UP-UKMPPG ini. Lebih lanjut dekan mengatakan bahwa pelaksanaan ujian akan menggunakan sistem komputerisasi, oleh karna itu kita menggandeng Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Suska Riau sebagai penyedia ruang, alat dan jaringan untuk pelaksanaan ujiannya. Diakhir sambutan beliau berharap mari kita bersama berikhtiar agar pelaksanaan UKMPPG ini bisa berjalan dengan baik dan seluruh peserta bisa lulus dengan nilai yang terbaik.

Sementara itu menurut ketua panitia UP-UKMPPG Dr. Rohani, M.Pd dalam sesi wawancara menjelaskan bahwa peserta yang akan mengikuti ujian ini berasal dari guru-guru di sekolah yang berjumlah 113 orang dan mereka berasal dari beberapa provinsi di wilayah sumatera namun lebih didominasi dari provinsi Riau. Pada tahun ini peserta pada umum merupakan orang-orang baru hanya ada beberapa orang peserta merupakan peserta yang gagal tahun kemaren  dan tahun ini ikut kembali. Sedangkan dari segi usia peserta yang mengikuti UP-UKMPPG ini sudah ada yang mencapai 50 tahun. Dan kebanyakan peserta mengikuti UP-UKMPPG ini di UIN Suska mengingat tempat yang nyama dan biaya yang terjangkau.

Menurut penyelia UP-UKMPPG untuk UIN Suska Riau Bapak Prof. Dr. Supiyana, MA bahwa Persiapan UP baik sarana prasarana maupun tenaga dan daya pendukung lainnya setelah dilakukan pengecekan ruang ujian, perangkatnya sudah dianggap sudah ideal untuk melakukan UP-UKMPPG pada musim uji 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 29 Februari dan 1 maret 2020. Beliau berharap dengan keadaan dan kondisi yang baik ini bisa memfasilitasi mahasiswa sehingga peserta bisa dengan enjoy mengikuti ujian. Dimana mereka setelah berbulan-bulan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian ini dan semoga bisa lulus dan menjadi guru yang profesional.

WhatsApp Image 2020-03-04 at 11.21.26 WhatsApp Image 2020-03-04 at 11.21.25

Tepat pada hari sabtu (29/02/2020) pelaksanaan ujian UP-UKMPPG secara resmi dimulai pelaksanaanya yang disaksikan langsung oleh penyelia dari pusat. Dimana sebelum masuk ruang ujian peserta diperiksa mulai dari anggota tubuh hingga memakai metal detektor dan pemeriksaan kartu, pengisian absen kehadiran serta kelengkapan lainnya di pintu masuk. Setelah melewati proses tersebut barulah seorang peserta ujian diperbolehkan masuk dan duduk serta mengikuti tes hingga selesai. Dari pantauan yang kami lakukan bahwa pelaksanaan ujian sudah berjalan dengan aman, lancar serta sesuai dengan aturan dan ketetapan yang sudah ada.

WhatsApp Image 2020-03-04 at 11.21.27  WhatsApp Image 2020-03-04 at 11.21.28(3)

WhatsApp Image 2020-03-04 at 11.21.28 WhatsApp Image 2020-03-04 at 11.21.27(1)

Sumber          : Humas UIN Suska Riau

Penulis          : M. Huzaini

Fotografer      : Indah Puspita Sari

Editor              : Kasubag Humas