web analytics

Kondisi Normal Baru, Peran Humas Sangat Dibutuhkan

Forum Humas Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) harus siap beradaptasi dengan kondisi new normal atau normal baru. Dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19, peran humas sangat dibutuhkan.

Demikian seperti disampaikan Kepala Biro (Karo) Humas Data dan Informasi (HDI) Kementerian Agama Drs Suhaili MAg saat halal bihalal dan Focus Group Discussion (FGD) dengan Forum Humas PTKN secara virtual, Rabu (10/6/2020).

“Di saat seperti ini peran humas sangat ditunggu-tunggu. Di pusat, humas memback-up hampir semua kegiatan di Kementerian Agama. Begitupun di perguruan tinggi yang biasanya ada seminar, diskusi, dan kegiatan ilmiah lainnya. Jadi peran humas sangat penting. Kalau humasnya lemah, akan terhambat komunikasi dan publikasi di perguruan tinggi,” kata Suhaili.

Saat ini Biro HDI Kementerian Agama juga sedang mempersiapkan penguatan regulasi. “Kita sedang melakukan penguatan regulasi. Insyaallah tahun 2021 akan ada KMA tentang kehumasan dan informasi,” lanjut Karo HDI.

Dia juga mendorong kepada humas PTKN melakukan penguatan SDM berbasis teknologi dan pengembangan konten publikasi sesuai dengan perkembangan zaman. Di samping itu, media monitoring dinilai sangat penting dalam melihat dan merespon isu yang berkembang.

Kemudian, Suhaili mengingatkan bahwa sinergitas antara humas Kementerian Agama di pusat dan seluruh satuan kerja di daerah harus berjalan dengan baik. “Mari kita bangun dan jaga integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan  bersikap konstruktif agar bisa lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Forum Humas PTKIN Suhirman Adita MPd menyampaikan bahwa diskusi virtual ini untuk menggali gagasan tentang kinerja dan peran humas di era normal baru. Selain itu, silaturahmi tersebut juga untuk sharing tentang pengalaman dan merespon isu yang berkembang khususnya di PTKN.

Halal bihalal dan FGD virtual ini dipandu oleh Sekretaris Forum yang juga Kasubag Humas UIN Raden Intan Lampung Hayatul Islam MSAk. Hadir pada forum daring tersebut diantaranya Kabag Humas Biro HDI, Kasubag Humas Ditjen Pendis, serta Kabag, Kasubag dan staf humas di lingkungan PTKN. (NF/HI)