Home / Berita Utama / Rektor UIN Suska Riau Terbitkan Surat Keputusan Tentang Mekanisme Keringanan UKT Bagi Mahasiswa Akibat Wabah Covid-19
WhatsApp Image 2020-06-17 at 16.01.24

Rektor UIN Suska Riau Terbitkan Surat Keputusan Tentang Mekanisme Keringanan UKT Bagi Mahasiswa Akibat Wabah Covid-19

uin-suska.ac. melihat wabah Covid-19 yang belum kunjung berakhir yang mengakibatkan perkekonomian masyarakat menjadi sulit. Mencermati hal tersebut pimpinan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska Riau) Rabu, (17/06/2020) mengadakan rapat bersama dilantai 4 gedung Rektorat UIN Suska Riau sebagai tindak lanjut  dengan telah ditandatanganinya Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia (KMA) Nomor. 515 Tahun 2020 oleh Menteri Agama Fachrul Razi pada 12 Juni 2020 Tentang keringangan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri atas dampak bencana wabah Covid-19.

Adapun tujuan dari KMA ini agar dapat meringankan beban mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai kuliah dan untuk memastikan kelancaran pembayaran UKT,” ungkap rektor “Dengan begitu, keringanan ini diharapkan dapat meminimalisir angka putus kuliah mahasiswa pada UIN Suska Riau,” sambungnya.

WhatsApp Image 2020-06-17 at 16.01.23

Selain itu, KMA  ini juga memberikan mandat kepada rektor/ketua PTKIN untuk menetapkan besaran keringanan UKT, mekanisme pelaksanaan dan seleksi serta menetapkan siapa saja yang bisa mendapatkan keringanan UKT melalui surat keputusan pimpinan (Rektor.Ketua PTKIN). Kampus pun dapat bekerja sama dengan pihak ketiga untuk membantu pembiayaan UKT mahasiswa. Selanjutnya Rektor/Ketua PTKN harus melaporkan pelaksanaan keringanan UKT kepada Direktur Jenderal paling lambat pada akhir semester berjalan,” kata Kamaruddin Amin yang merupakan Plt. Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI.

Dengan demikian karena telah diterbitkannya KMA No. 515 Tahun 2020 oleh Menteri Agama RI, selanjutnya Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. K.H Akhmad Mujahidin, S.Ag M.Ag setelah mengadakan rapat dengan pimpinan UIN Suska Riau telah mengeluarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 0762.1/R/2020 tentang: Mekanisme Pelaksanaan Keringanan UKT UIN Suska Riau atas dampak bencana wabah Covid-19 Tahun 2020.

Dalam surat keputusan tersebut ada tiga skema keringanan UKT yang diatur dalam KMA dan Surat Keputusan Rektor UIN Suska Riau. Pertama adalah pengurangan UKT, kedua perpanjangan waktu pembayaran UKT, dan ketiga angsuran UKT bagi mahasiswa pada PTKIN yang menerapkan pola keuangan Badan Layanan Umum (BLU).

WhatsApp Image 2020-06-17 at 15.54.17 (1) WhatsApp Image 2020-06-17 at 15.54.17

Sedangkan untuk mahasiswa UIN Suska Riau agar bisa mendapatkan keringanan UKT, dalam surat keputusan tersebut dijelaskan dengan menunjukkan kelengkapan bukti sah terkait status orang tua/wali. Status dimaksud misalnya orang tua meninggal dunia, mengalami PHK, mengalami kerugian usaha atau dinyatakan pailit, mengalami penutupan tempat usaha, serta menurun pendapatannya secara signifikan. Penetapan keringanan UKT berlaku untuk semester gasal tahun akademik 2020-2021, dan akan dilakukan evaluasi dan pemantauan sesuai dengan kebutuhan.

Sumber          : Humas UIN Suska Riau

Penulis           : Mukhtarsyah

Fotografer      : Lasma Sari/Indah Puspita Sari

Editing           : M. Huzaini, S.Psi., M.Pd

About Jasnida Jasnida

Check Also

Untitled

KOMISI APARATUR SIPIL NEGARA (KASN) PUSAT BINA APARATUR SIPIL NEGARA DI LINGKUNGAN UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id Dalam rangka peningkatan SDM di lingkungan UIN Suska Riau terutama bagi ASN, UIN Suska …