Home / Berita Utama / Dari Webinar Perpustakaan UIN Suska Riau, Pustakawan Mampu Hasilkan Tulisan Terstandar
WhatsApp Image 2020-07-14 at 14.57.04

Dari Webinar Perpustakaan UIN Suska Riau, Pustakawan Mampu Hasilkan Tulisan Terstandar

uin-suska.ac.id Pustakawan sebagai sebuah profesi yang sudah diakui oleh pemerintah, disamping memiliki tugas pokok sebagai pustakawan, dewasa ini juga dituntut kewajibannya untuk meluangkan pikiran dan ide-ide mereka dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, Perpustakaan UIN Suska Riau mengadakan Webinar menggunakan aplikasi zoom dengan tema “Strategi dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah”, Senin (13/7/2020).
Webinar yang diikuti oleh pustakawan dan pemerhati pustaka ini menghadirkan narasumber dosen IAIN Sorong Papua, Ismail Suardi Wekke, MA., Ph. D.

WhatsApp Image 2020-07-13 at 06.34.15
“Webinar ini bertujuan untuk memberikan pencerahan terkait strategi dan teknik penulisan karya ilmiah, saya yakin juga seminar serupa sudah sering diikuti, tetapi seminar daring yang narasumbernya bapak Ismail Suardi Wekke insyaAllah baru bapak/ Ibu dapat pada hari ini” Ungkap Dr. Hj. Rasdanelis, S.Ag., SS., M.Hum saat membuka webinar.
Selaku Kepala Perpustakaan UIN Suska Riau, Rasdanelis berharap semoga peserta webinar mendapatkan ilmu baru dari narasumber, sehingga lebih termotivasi untuk kreatif menulis tulisan-tulisan yang terstandar.
“Sebuah perguruan tinggi dan orang-orang yang berada didalamnya harus menulis, ini tentu terkait dengan ekosistem keilmuan supaya perguruan tinggi bisa menjadi supporting unit dari pengembangan masyarakat”. Ungkap Ismail Suardi Wekke, MA., Ph. D

IMG_0953 IMG_0960
Strategi untuk memulai menulis artikel atau jurnal harus dimulai dari nawaitu, meluruskan niat sejak awal dan mengurusi kebermanfaatannya. Selain itu, Dalam menulis jurnal atau artikel, Ismail Suardi Wekke juga menjelaskan ada tiga kriteria yan harus diperhatikan mulai dari target pembaca, novelty (Kebaruan), jangan sampai artikel yang ditulis tidak lebih dari pengulangan semata dan menggunakan referensi primer.
Lebih rinci, Beliau juga menjelaskan ada empat hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan artikel seperti topik sajiannya harus interdisipliner, kolaborasi penulis, manajemen referensi dimana tidak hanya mengenal tapi lebih melakukan kemanfaatannya dan open acces.

WhatsApp Image 2020-07-14 at 14.57.04
Webinar ini diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta seminar dan narasumber dan Foto bersama “Salam Literasi”.

Penulis : Azmi
Editor : Jasnida
Fotografe : Lasma

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2020-08-05 at 11.23.50

REKTOR UIN SUSKA RIAU DUKUNG POLDA RIAU DALAM MEMELIHARA KAMTIBMAS UNTUK MENYONGSONG PILKADA SERENTAK TAHUN 2020 YANG AMAN, DAMAI SERTA KONDUSIF

uin-suska.ac.id  UIN Suska Riau kedatangan tamu dari Polda Riau yang diwakili oleh Karo SDM Kombes …