Home / Berita Utama / 4.595 Mahasiswa UIN Suska Riau Siap Laksanakan KKN Mandiri Dari Rumah
KKN

4.595 Mahasiswa UIN Suska Riau Siap Laksanakan KKN Mandiri Dari Rumah

uin-suska.ac.id Di tengah pandemic Covid-19 yang belum juga berakhir, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Daring menjadi pilihan UIN Suska Riau Tahun 2020. Adapun pola dan semangat pelaksanaan KKN yang ke-44 ini adalah KKN Mandiri Dari Rumah.

Rektor UIN Suska Riau yang diwakili oleh Wakil Rektor I UIN Suska Riau, Dr. H. Suryan A Jamrah, MA secara resmi melepas KKN Mandiri Dari Rumah Mahasiswa UIN Suska Riau Tahun 2020, Rabu (15/7/2020). Kegiatan ini juga diikuti oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UIN Suska Riau, Kapusdimas, Kapus Pusat Studi Gender dan Anak, Kapuslit LPPM UIN Suska Riau, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Mahasiswa Peserta KKN Tahun 2020 melalui aplikasi Zoom dan live di Youtube LPPM UIN Suska.

WhatsApp Image 2020-07-15 at 15.10.39

WhatsApp Image 2020-07-15 at 15.41.13

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan tahniah atas terlaksananya KKN Mandiri dari Rumah ini. “Saya mengucapkan tahniah kepada ketua LPPM beserta jajarannya, panitia yang telah bekerja dengan sebaik-baiknya dan para mahasiswa yang sudah mempersiapkan diri di tempat masing-masing untuk menyonsong kegiatan KKN ini”. Ungkapnya.

Selain itu beliau juga berpesan kepada mahasiswa peserta KKN untuk melaksanakan KKN sesuai dengan panduan yang telah dibuat oleh panitia yang berorientasi pada konten kreatif dan pengabdian, tetap laksanakan protokol kesehatan Covid-19 jika melakukan kontak fisik atau perkumpulan.

KKN

“Walaupun tanpa jaket KKN karena berada di rumah masing-masing, yang penting KKN berjalan dengan lancar dan semua peserta dinyatakan lulus dan memenuhi persyaratan akademis”. Ujar Suryan mengakhiri sambutannya.

KKN Mandiri dari Rumah  UIN Suska Riau ini diikuti oleh 4.595 mahasiswa yang terdiri dari delapan fakultas dan semua prodi S1 dengan rincian sebanyak 1.056 orang dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 876 orang dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 731 orang dari Fakultas Syariah dan Hukum, 631 orang dai Fakultas Sains dan Teknologi, 536 orang dari Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, 363 orang dari Fakultas Ushuluddin, 246 orang dari Fakultas Pertanian dan Peternakan dan 156 orang dari Fakultas Psikologi.

hj

Sedangkan jumlah DPL-nya disesuaikan dengan jumlah kelompok mahasiswa yaitu sebanyak 225 DPL. DPL ini telah mengikuti refreshment yang dilaksanakan  pada tanggal 6 Juli yang lalu secara daring. Demikian pula para peserta telah mengikui orientasi dan pembekalan KKN pada tanggal 9 Juli lalu secara daring juga.

KKN Mandiri dari Rumah UIN Suska Riau ini akan berlangsung selama 47 hari dari tanggal 15 Juli sampai dengan 31 Agustus 2020. Dimana mahasiswa peserta KKN akan melakukan kegiatan secara mandiri, dilaporkan secara mandiri, tetapi hasil dan manfaatnya akan dinikmati oleh masyarakat luas. Kendati demikian, sekiranya kegiatan yang akan dilakukan volume, jangkauan dan tingkat kesulitannya tinggi dapat dilakukan secara kelompok (maksimal 4 mahasiswa).

Adapun bidang-bidang kegiatan yang dapat dilakukan pada KKN ini meliputi : kepedulian Covid-19 di masa new normal, relasi agama dan kesehatan, moderasi beragama, pendidikan dan dakwah keagamaan dan kegiatan sosial lainnya yang terkait dengan keilmuan prodi mahasiswa. Setiap mahasiswa wajib melaksanakan sekurang-kurangnya empat dari lima program bidang kegiatan tersebut yang terdiri dari kegiatan yang bersifat virtual/daring dan kegiatan sosial berbasis keilmuan prodi yang sifatya lapangan/luring.

Nantinya mahasiswa peserta KKN bisa menghasilkan produk  akhir KKN berupa artikel opini yang dipublikasikan melalui media online, buku atau buku saku yang siap diterbitkan, konten kreatif seperti meme atau flyer yang disebarluaskan, video pendek atau clip yang diunggah di youtube, berita online/liputan kegiatan dipublikasikan melalui media online dan dokumen kegiatan lapangan yang dikuatkan bukti pendukung yang disahkan aparat terkait.

Diakhir acara, Dr. Zarkasih, M.Ag selaku Kapusdimas LPPM UIN Suska Riau berharap semoga KKN Mandiri dari Rumah Mahasiswa UIN Suska Riau ini membawa manfaat bagi masyarakat,  mahasiswa  dan tentu bagi UIN Suska sendiri.

 

Penulis : Azmi

Fotografer : Lasma

Editor : Jasnida

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2020-08-03 at 10.40.50

Ujian Masuk Jalur UM-PTKIN Tahun 2020 di UIN Suska Riau Resmi Dimulai

uin-suska.ac.id Pelaksanaan ujian masuk jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN)  di Universitas …