Home / Berita Utama / Zoom Meeting Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020
WhatsApp Image 2020-07-16 at 11.44.59

Zoom Meeting Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020

uin suska .ac.id Komisi Informasi Pusat (KIP ) Republik Indonesia mengadakan Monitoring dan Evaluasi (monev) yang di gelar secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting yang di lakukan pada 14/07/2020. Dalam Monev itu mengangkat tema “Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020” yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi Perguruan Tinggi untuk bersama-sama memajukan Komisi Informasi Keterbukaan Publik. Zoom meeting ini diikuti juga oleh Kepala Biro AUPK UIN Suska Riau bapak Dr. H. Ahmad Supardi MA beserta kasubag Humas UIN Suska Riau Jasnida, S.Sy, M.Sy.
Dalam pembukaan monev KIP Pusat Arif Adi Kuswardono selaku Komisioner Komisi Informasi Pusat Membuka kegiatan tersebut dan memberikan penjelasan mengenai monev.“ Komisi Informasi dan juga Perguruan Tinggi bersama – sama berusaha bekerja untuk memajukan keterbukaan Informasi Publik, monev ini merupakan sebuah alat untuk kita supaya komisi Informasi memiliki parameter untuk mengukur apa yang sudah kita capai dan apa yang sudah kita lakukan pada periode sebelumnya dan apa kekurangan yang ada pada saat ini dan kemudian apa yang akan kita perbaiki pada masa mendatang” jelas Arif.
“Perguruan tinggi hendaknya bekerjasama dengan KIP untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik dan meningkatkan transparansi di negara kita sebagaimana yang kita ketahui bahwa keterbukaan informasi publik/transparansi atau hak publik atas informasi itu adalah suatu keharusan atau syarat bagi negara demokrasi”. Tambah arif.

WhatsApp Image 2020-07-16 at 11.44.59

Ahmad Supardi MA sangat mengapresiasi kegiatan monev ini dan berharap akan ada lagi kegiatan selanjutnya. “Perguruan tinggi bisa bersama-sama dengan KIP pusat untuk memajukan Keterbukaan informasi publik mengingat informasi itu adalah kebutuhan masyarakat dan juga hak masyarakat utuk mengetahui informasi pengambilan dan proses pembuatan kebijakan publik serta meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengelolaan badan publik dengan baik”. Ungkapnya.
Meskipun melakukan monev dalam keadaan pandemic tidak mengurangi partisipasi peserta dalam mengikuti monev. Diharapkan dengan monev ini Komisi Informasi dan Perguruan Tinggi bisa melakukan evaluasi dan bersama – sama untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam keterbukaan Informasi publik dan mencari solusi dari permasalahan yang ada untuk jalan perbaikan.

Penulis : Sukmawati

Fotografer : Indah

Editor : Jasnida

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2020-08-05 at 11.23.50

REKTOR UIN SUSKA RIAU DUKUNG POLDA RIAU DALAM MEMELIHARA KAMTIBMAS UNTUK MENYONGSONG PILKADA SERENTAK TAHUN 2020 YANG AMAN, DAMAI SERTA KONDUSIF

uin-suska.ac.id  UIN Suska Riau kedatangan tamu dari Polda Riau yang diwakili oleh Karo SDM Kombes …