Home / Berita Utama / Tadris IPS UIN Suska Riau taja webinar Penguatan Program Studi Tadris IPS
IMG-20200716-WA0027

Tadris IPS UIN Suska Riau taja webinar Penguatan Program Studi Tadris IPS

uin-suska.ac.id Program Studi IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau mengadakan Webinar Nasional secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting di Gegung PTIPD lantai tiga UIN Suska Riau dengan tema Penguatan Program Studi Tadris IPS, Kamis (16/07/2020). Kegiatan webinar ini merupakan ikhtiar untuk melaksanakan penguatan pada aspek kurikulum dan kemitraan dalam mengembangkan program studi tadris IPS FTK UIN Suska Riau yang baru memasuki usia dua tahun.
Kegiatan webinar yang berskala nasional ini dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau Bapak Dr. H. Muhammad Syaifuddin S.Ag M.Ag. “Saya berterima kasih dan mengapresiasi atas terlaksananya webinar nasional yang ditaja oleh jurusan tadris IPS FTK UIN Suska Riau untuk melakukan pengembangan keilmuan IPS”. Ujar dekan.

IMG-20200716-WA0024
Selanjutnya webinar kali ini menghadirkan 4 orang narasumber yakni: Pertama, Dr. Muh. Soleh, M.Pd merupakan dosen Universitas Negeri Semarang, Kedua: Dr. Rohani, M.Pd merupakan Dosen FTK UIN Suska Riau, Ketiga: Dr. Suwendi, M.Ag, merupakan Kasubdir DIKTIS Kementerian Agama Pusat, Keempat: Dr. H. Mahyuddin, M.Ag merupakan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Riau.
Dr. Suwendi, M.Ag sebagai narasumber utama yang memaparkan materi terkait penguatan reproduksi keilmuan & publikasi ilmiah bidang tadris IPS mengharapkan bahwa ditengah musibah pandemic covid-19 ini, tadris IPS dapat melahirkan teknologi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan tadris IPS sehingga terwujud penguatan reproduksi keilmuan & publikasi ilmiah dalam bidang tadris IPS.

IMG-20200716-WA0025
Narasumber kedua yakni Dr. H. Mahyuddin, M.Ag memaparkan materi dengan tema Kebijakan Pembelajaran IPS di Madrasah Provinsi Riau. “Ada beberapa kebijakan yang telah kami lakukan terhadap pembelajaran IPS di Madrasah yaitu melakukan bimtek metode pembelajaran melalui teknologi informasi terutama pada saat covid 19 kali ini. Selanjutnya kami juga melaksanakan bimtek penulisan buku dan karya tulis ilmiyah bagi guru mapel IPS”. Tegas Mahyudin.
Sememtara itu, Dr. Rohani, M.Pd selaku narasumber ketiga memaparkan materi tentaang Kurikulum IPS Dalam isu merdeka belajar. Beliau menjelaskan bahwa kurikulum IPS yang merdeka bejalar adalah kurikulum yang terintegrasi dengan ilmu pengetahuan keislaman dan ilmu pengetahuan umum.
Terakhir, Dr. Muh. Soleh, M.Pd memaparkan materi tentang desain pembelajaran IPS di era Covid 19. “Pada kondisi pandemi sekarang ini sebaiknya seorang dosen dapat mendesain pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan ketika menyampaikan perkuliahan secara daring kepada anak didiknya, sehingga materi yang disampaikan dapat dicerna oleh anak didik”. Ujarnya.

Penulis : Mukhtarsyah
Fotografer : Indah
Editor : Jasnida

About Jasnida Jasnida

Check Also

Untitled

KOMISI APARATUR SIPIL NEGARA (KASN) PUSAT BINA APARATUR SIPIL NEGARA DI LINGKUNGAN UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id Dalam rangka peningkatan SDM di lingkungan UIN Suska Riau terutama bagi ASN, UIN Suska …