Home / Berita Utama / Ujian Masuk Jalur UM-PTKIN Tahun 2020 di UIN Suska Riau Resmi Dimulai
WhatsApp Image 2020-08-03 at 10.40.50

Ujian Masuk Jalur UM-PTKIN Tahun 2020 di UIN Suska Riau Resmi Dimulai

uin-suska.ac.id Pelaksanaan ujian masuk jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN)  di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau resmi dimulai, Senin (3/8/2020).

Ujian Jalur UM-PTKIN 2020 secara online melalui aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia pada 3-10 Agustus 2020. Namun, di UIN Suska Riau  pelaksanaan ujian UM-PTKIN  dilaksanakan dari tanggal 3-6 Agustus 2020 yang dibagi dalam 20 sesi, satu hari maksimal 3 sesi. Pembagian sesi ujian ini dilakukan sesuai dengan daya dukung sarana prasarana yang tersedia di UIN Suska Riau. Para peserta ujian bisa  menggunakan smartphone atau laptop dari rumah masing-masing dan diawasi  oleh panitia ujian lokal di 13 laboratorium komputer  UIN Suska Riau. Kebijakan ujian online diambil dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 serta menerapkan protokol kesehatan selama pandemi virus corona.

WhatsApp Image 2020-08-03 at 10.40.51

Sesuai data yang diperoleh dari web https://um-ptkin.ac.id/home/informasi, untuk pelaksanan ujian UMPTKIN UIN Suska Riau memiliki kuota 3.600 peserta, dari 3.600 kuota tersebut yang tersedia hanya 3.112 yang terisi, dan masih ada 488 kuota tersisa.

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan UIN Suska Riau, Rinayeni, S.Sos menekankan bahwa tata cara pelaksanaan ujian UMPTKIN sudah ada petunjuknya di kartu ujian. “Kepada calon mahasiswa diharapkan lebih teliti dalam melihat jadwal ujian di kartu ujian masing-masing dan  dalam mencetak kartu ujian harus dibarengi dengan lampiran dibelakangnya”. terangnya.

Bagi yang belum cetak kartu ujian dapat login di https://www.um-ptkin.ac.id/ kemudian isi nilai raport dan cetak kartu ujian. Setiap peserta akan mengikuti 1 kali ujian selama 100 menit dengan jumlah 90 soal.

Dikarenakan ujian ini kali pertama dilakukan secara daring, Rina Yeni berpesan  agar panitia, pengawas dan peserta benar-benar memperhatikan kembali teknis pelaksanaan ujian yang telah ditetapkan panitia nasional dan berharap pelaksanaan ujian nantinya berjalan dengan baik dan semua peserta dapat mengikuti ujian.

Penulis: Mukhtarsyah, S.Hi

Editor : Azmi

 

About Jasnida Jasnida

Check Also

IMG-20200904-WA0009

UJIAN MASUK JALUR MANDIRI UIN SUSKA RIAU RESMI DIMULAI

uin-suska.ac.id Salah satu syarat untuk memasuki sebuah perguruan tentunya harus mengikuti tes baik tertulis maupun …